Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Apple membuat kebijakan untuk memangkas harga jual iPhone di pasar luar negeri agar menarik minat konsumen untuk berbelanja di tengah perekonomian yang lesu.

Kebijakan Apple tersebut langsung membuahkan hasil. Penjualan iPhone di Cina melonjak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  Berdasarkan data yang dirilis Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT) Pengiriman ponsel bermerek asing di Cina, yang sebagian besar adalah iPhone, melonjak 52% di bulan April menjadi 3,489 juta unit.

Peningkatan ini merupakan akselerasi besar dari pertumbuhan 12% yang dicatat pada bulan Maret oleh smartphone bermerek asing. Global Times, sebuah tabloid milik pemerintah yang dikenal karena pandangan-pandangan patriotiknya dan mempromosikan perusahaan-perusahaan Cina, menggambarkan rebound ini sebagai sesuatu yang mengesankan.

Applemengalami awal yang sulit pada tahun 2024 di Cina. Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%. Apple terpukul oleh meningkatnya persaingan dengan merek-merek lokal termasuk Huawei, yang mengalami peningkatan penjualan hampir 70% pada periode yang sama karena peluncuran seri Mate 60 yang sukses.

Kemerosotan ekonomi, termasuk memburuknya prospek pekerjaan dan pendapatan, telah mendorong konsumen Cina untuk mengencangkan ikat pinggang dan mencari diskon untuk segala hal, mulai dari makanan hingga mobil.

Namun penjualan iPhone mulai bangkit kembali pada bulan Maret setelah Apple dan mitra ritelnya memangkas harga. Pemotongan harga tersebut semakin intensif baru-baru ini. Minggu lalu, Apple mengatakan akan memangkas harga beberapa ponsel pintarnya di Tmall, sebuah situs mirip Amazon yang dimiliki oleh Alibaba sebanyak 23% hingga 28 Mei. Pengurangan serupa juga dilakukan di JD.com, situs e-commerce besar lainnya.

Diskon yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merupakan bagian dari kampanye yang diluncurkan selama festival belanja tahunan “618”, pesta belanja online terbesar kedua di Cina, yang biasanya berlangsung dari akhir Mei hingga pertengahan Juni.

“Setelah diskon, iPhone 15 kini berada di kisaran harga yang sama dengan smartphone buatan Xiaomi dan Huawei. Pengurangan harga yang cukup besar adalah satu-satunya cara bagi Apple untuk mempertahankan pangsa pasarnya di China," kata analis Jefferies.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

Hadirkan Fitur AI Terbaru, Saham Apple Langsung Melonjak

EKONOMI & BISNIS

Jun 12 2024, 05.22

Saham Apple naik 7,3 persen dan berakhir pada 207,15 dolar AS.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Pengguna iPhone di 92 Negara Terancam Serangan Spyware

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 14.00

Serangan atau peretasan ini bukanlah aktivitas kejahatan siber biasa atau malware.


Generic placeholder image

Apple Beberkan Strategi Kecerdasan Buatan pada Konferensi WWDC

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 27 2024, 14.00

Apple berinvestasi secara signifikan dalam kecerdasan buatan (AI).


Event Akan Datang

View all events

 Aug 07 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022