Dapat Suntikan Modal, PELNI Beli Tiga Kapal Baru

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 05 2024, 07.08

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (Persero) mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari cadangan investasi tahun anggaran 2024 sebesar Rp1,5 triliun.

Direktur Utama PELNI, Tri Andayani mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang diberikan oleh pemerintah kepada PELNI sebagai perusahaan pelayaran BUMN yang menjalankan penugasan dari Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk melayani kebutuhan masyarakat akan moda transportasi laut.

Keputusan yang dibacakan oleh pimpinan rapat pada Rapat Kerja  Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan, menurut Tri, menunjukan perhatian dan komitmen yang serius dari pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat akan moda transportasi laut yang aman dan nyaman.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PELNI, dan kami akan memastikan pemanfaatannya akan dilaksanakan dengan tata kelola yang baik dan sesuai aturan," ujar Tri dilansir dari laman Infopublik.

PMN untuk PT PELNI sebesar Rp1,5 triliun akan digunakan untuk uang muka pengadaan tiga unit kapal baru penumpang yang telah melewati batas usia operasi dengan memperhatikan kapasitas dan tata kelola perusahaan.

Tri menjelaskan, tiga unit kapal baru penumpang tersebut untuk menggantikan kapal-kapal penumpang PELNI yang usianya sudah melebihi usia teknisnya, yaitu 30 tahun.

"Adapun kapal-kapal yang akan diganti sesuai urutan umur tertua kapal yang dimiliki oleh PELNI, yaitu Kapal Umsini dan Kapal Kelimutu yang telah berusia 39 tahun, serta Kapal Lawit yang telah berusia 38 tahun pada tahun ini," kata Tri.

Dia juga menegaskan, upaya perusahaan untuk mengganti seluruh kapal-kapal PELNI yang telah melebihi usia teknisnya akan dilakukan secara bertahap selama beberapa tahun ke depan dengan mengusulkan skema PMN kepada Pemerintah.

 

"Keterlibatan pemerintah dalam hal ini merupakan bentuk kepedulian negara dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan layanan moda transportasi yang layak, aman dan nyaman," pungkas Tri.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022