Tips Sederhana untuk Mulai Menabung

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 05 2023, 05.00

“Susah banget mau mulai menabung.”

Kalimat itu terkadang sering muncul di pikiran atau juga kalimat lisan dari orang dekat Anda atau mungkin juga Anda alami sendiri. Padahal, menabung adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dadakan atau mencapai tujuan jangka pendek atau jangka panjang.

Dikutip dari laman Bankofamerica, panduan langkah demi langkah ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

1.     Catat pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak pengeluaran Anda. Catat semua pengeluaran Anda – termasuk beli kopi, barang-barang rumah tangga, dan tip tunai serta tagihan bulanan rutin. Catatlah pengeluaran Anda dengan cara apa pun yang paling mudah bagi Anda seperti dengan pensil dan kertas, spreadsheet sederhana, atau aplikasi pelacak pengeluaran online gratis. Setelah Anda memiliki data, susunlah angka-angka tersebut berdasarkan kategori, seperti gas, bahan makanan, dan cicilan rumah, lalu jumlahkan setiap jumlahnya. 

2.     Masukkan tabungan dalam anggaran Anda

Setelah mengetahui apa yang dikeluarkan dalam sebulan, Anda bisa mulai membuat anggaran. Anggaran harus menunjukkan berapa pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan, sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran yang berlebihan. Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara teratur tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil. Masukkan kategori tabungan dalam anggaran Anda dan usahakan untuk menabung dalam jumlah yang pada awalnya terasa nyaman bagi Anda. Rencanakan untuk meningkatkan tabungan Anda hingga 15 hingga 20 persen dari penghasilan Anda.

3.     Temukan cara untuk mengurangi pengeluaran

Jika Anda tidak dapat menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin inilah saatnya untuk mengurangi pengeluaran. Identifikasi hal-hal yang tidak penting, seperti hiburan dan makan di luar, yang dapat Anda kurangi pengeluarannya. Carilah cara untuk menghemat pengeluaran tetap bulanan Anda, seperti asuransi mobil atau paket ponsel.

4.     Tetapkan tujuan menabung

Salah satu cara terbaik untuk menabung adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin Anda tabung-baik dalam jangka pendek (satu hingga tiga tahun) maupun jangka panjang (empat tahun atau lebih). Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menabung.

Tujuan jangka pendek yang umum: Dana darurat (tiga hingga sembilan bulan biaya hidup), liburan atau uang muka mobil

Tujuan jangka panjang yang umum: Uang muka rumah atau proyek renovasi, pendidikan anak atau pensiun.

5.     Tentukan prioritas keuangan Anda

Setelah pengeluaran dan pemasukan, tujuan Anda kemungkinan besar akan memiliki dampak terbesar pada bagaimana mengalokasikan tabungan. Misalnya, jika Anda tahu akan mengganti mobil dalam waktu dekat, Anda bisa mulai menyisihkan uang untuk membelinya sekarang. Namun, pastikan Anda mengingat tujuan jangka panjang - penting agar perencanaan pensiun tidak mengesampingkan kebutuhan jangka pendek. Mempelajari cara memprioritaskan tujuan tabungan Anda dapat memberikan gambaran yang jelas tentang cara mengalokasikan tabungan.

6.     Pilih instrumen investasi yang tepat

Ada banyak rekening tabungan dan investasi yang cocok untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Perhatikan dengan saksama semua pilihan dan pertimbangkan saldo minimum, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat Anda akan membutuhkan uang tersebut. Anda dapat memilih kombinasi yang akan membantu menabung dengan baik untuk mencapai tujuan Anda.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022