Indonesia Outing Expo 2025 Resmi Dibuka, Hadirkan Solusi Baru Team Building
EKONOMI & BISNIS
Nov 14 2025, 19.36
Indonesia Outing Expo (IOE) 2025, sebuah pameran yang secara spesifik menghadirkan solusi dan inspirasi untuk kegiatan outing, team building, dan event kebersamaan, resmi dibuka hari ini di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan. Diselenggarakan oleh PT Panorama Media, IOE 2025 merupakan pameran perdana di Indonesia yang didedikasikan untuk menjembatani kebutuhan interaksi tatap muka yang bermakna di tengah laju digitalisasi yang cepat.
Pameran ini hadir sebagai wadah strategis bagi perusahaan, sekolah, komunitas, dan pelaku bisnis untuk menemukan ide, vendor, dan mitra terbaik dalam merancang kegiatan kebersamaan, sekaligus mendukung pertumbuhan industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) Indonesia yang diproyeksikan akan mencapai USD 7,4 miliar pada tahun 2032.
Acara pembukaan IOE 2025 ditandai dengan sambutan dari perwakilan penyelenggara dan asosiasi industri terkait, menegaskan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan pengalaman kebersamaan yang berdampak.
“Di era serba cepat ini, kualitas hubungan dan kolaborasi tim menjadi aset terpenting sebuah organisasi. Kami melihat adanya pergeseran, di mana perusahaan membutuhkan pengalaman outing yang terencana, insightful, dan memberikan kesan positif,” ucap Andita Tirtawisata, Direktur Panorama Media.
Dukungan penuh dari asosiasi profesional turut disampaikan. Gigih Gesang, Ketua Umum DPP Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI), menyoroti aspek pembelajaran dan pembangunan karakter tim yang harus lebih dari sekedar permainan.
"Melalui IOE, kami mengajak pelaku usaha untuk menemukan mitra experiential learning yang profesional, yang mampu merancang aktivitas yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi, kepemimpinan, dan bonding tim secara nyata," ucap Gigih.
Sementara itu, DPD Industri Event Indonesia (IVENDO) Jakarta, Indra Kuswara, menekankan bahwa IOE 2025 membawa angin segar dan perspektif baru bagi industri MICE Indonesia. "Kami mengapresiasi Panorama Media atas inisiatif menciptakan IOE 2025. Pameran ini adalah platform yang secara unik mengisi kekosongan di pasar event Indonesia. IOE secara spesifik menyajikan solusi team building dan outing yang lebih fokus dan mendalam," tegas Indra.
Ketua Umum DPP AELI, Perwakilan dari Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Gigih Gesang, turut mengapresiasi pameran ini sebagai peluang kolaborasi bagi Industri taman rekreasi dan tempat wisata.
“Melalui IOE, kami ingin menunjukkan bahwa industri taman rekreasi dan tempat wisata bukan hanya tentang liburan, melainkan kanvas sempurna untuk team building yang efektif,” ucap Gigih Singgih.
Lebih dari 100 Vendor Ramaikan IOE 2025 Selama tiga hari penyelenggaraan, IOE 2025 akan menghadirkan lebih dari 100 vendor dan brand yang telah dikurasi secara cermat, seperti Best Western Hotel, Bobobox, Super Park, Sunsetfalls, dan White Horse.
Acara ini hadirkan penyedia hotel, resort, dan destinasi wisata, restoran dan penyedia kuliner event untuk kebutuhan konsumsi, solusi transportasi dan akomodasi yang efisien. IOE 2025 juga akan dihadiri oleh event organizer dan penyedia aktivitas team building interaktif yang menjamin pengalaman edukatif dan berkesan.
IOE 2025 adalah destinasi wajib bagi divisi HRD, manajer marketing, perwakilan sekolah, dan ketua komunitas yang bertanggung jawab dalam merancang pengalaman kebersamaan yang berkesan dan berdampak. Pameran ini berlangsung bersamaan dengan Renovation Expo Indonesia.
Forum ini menandai momentum bersejarah dalam upaya mendorong inklusivitas dan kepemimpinan gender di industri logistik dan transportasi, sektor yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.
Mengusung tema “The Botanical Futures,” FLOII Expo 2025 hadir menjadi pendorong tren hortikultura nasional yang tidak hanya berorientasi pada nilai estetika.
Acara ini menegaskan komitmen IPB untuk menghadirkan kegiatan olahraga yang bukan hanya menyehatkan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan.