Lima Faktor yang Membuat Harga Tiket Konser Semakin Mahal

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 31 2023, 11.59

Pada  2023, harga tiket konser telah meroket hingga setara dengan harga sewa rumah selama sebulan hingga setara dengan cicilan KPR. Namun, hal itu tidak menyurutkan para penggemar musik untuk tetap berusaha mendapatkan tiket untuk melihat artis favorit mereka dalam tur. Faktanya, telah terjadi lonjakan pascpandemi untuk menonton musik live.

Harga tiket yang semula masih terjangkau, kini telah mencapai jutaan rupiah. Jadi, bagaimana menonton musisi favorit Anda menjadi pilihan antara membayar tagihan atau pengalaman sekali seumur hidup?

Menurut Los Angeles Times, lima pemain utama bertanggung jawab atas fluktuasi harga tiket: artis, promotor, tempat penyelenggaraan konser, perusahaan tiket yang menjual tiket, dan pengecer tiket.

Meskipun promotor secara resmi menetapkan harga tiket, mereka dapat merugi jika pertunjukan tidak menjual cukup banyak tiket. Artis-artis besar di dunia musik biasanya memegang kendali atas penentuan harga, sementara artis-artis yang lebih kecil biasanya terikat dengan tempat pertunjukan.

Tempat-tempat pertunjukan mendapatkan uang dari promotor untuk menyelenggarakan konser, sementara promotor dibayar melalui penjualan tiket. Biaya tambahan juga bisa menumpuk, termasuk biaya layanan, biaya pemrosesan, biaya pengiriman, dan biaya fasilitas yang bisa muncul saat Anda akan membeli tiket.

Rata-rata 27% ditambahkan ke biaya penjualan tiket awal karena biaya-biaya tersebut. Menurut American Economic Liberties Project, bagian dari kelompok aktivis yang menamakan dirinya Break Up Ticketmaster Coalition, biaya tahun ini menambahkan rata-rata 32 persen. Menurut The New York Times, jika harga tiket lebih rendah, biayanya bisa lebih tinggi.

Musisi papan atas yang memiliki harga tiket paling kompetitif: Taylor Swift, Bruce Springsteen, Beyonce dan Adele. Menurut Seat Geek per WSJ, harga rata-rata tiket Taylor Swift yang dijual kembali adalah $1.311. Tiket Beyonce dan Bruce Springsteen telah melonjak menjadi $480 dan $469.

Namun, beberapa tiket Swift untuk Eras Tour mencapai hampir $13.000 di Stubhub. Tahun lalu, tiket untuk residensi Adele di Las Vegas dijual oleh pengecer dengan harga lebih dari $40.000.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Biaya Hidup Makin Mahal, Gen Z Jadi Banyak Utang

EKONOMI & BISNIS

Oct 19 2023, 11.31

Gen Z mengatakan biaya hidup yang tinggi merupakan penghalang bagi kesuksesan finansial mereka.


Generic placeholder image

Studi: 50 Persen Wisatawan Ingin Liburan yang Ramah Lingkungan

EKONOMI & BISNIS

Aug 24 2023, 06.54

Para wisatawan rela membayar mahal untuk mendapatkan liburan yang ramah lingkungan.


Generic placeholder image

Rekor Jumlah Penonton di Piala Dunia Perempuan 2023

LAINNYA

Aug 22 2023, 07.33

Jumlah penonton final Piala Dunia Perempuan 2023 lebih banyak dibandingkan penonton final Wimbledon 2023.


Generic placeholder image

Pengiklan Terbesar di Dunia Mulai Beralih ke AI, Hemat Biaya 20 Kali Lipat

EKONOMI & BISNIS

Aug 21 2023, 08.50

Nestle dan Unilever akan mulai beralih ke AI untuk mempromosikan produk mereka ke pasar.


Generic placeholder image

Tantangan Indonesia sebagai Negara Rawan Bahaya di Hari Kemanusiaan Sedunia

LAINNYA

Aug 18 2023, 18.21

Sepanjang tahun ini, 62 pegiat kemanusiaan tewas dalam krisis di seluruh dunia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022