Catat! Ini Hal-hal yang Tak Perlu Dicantumkan dalam CV

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Aug 24 2023, 09.00

Menulis Curriculum Vitae (CV) untuk melamar kerja memang tak semudah yang dibayangkan, karena ternyata ada hal-hal yang tak perlu dicantumkan. 

Namun, kebanyakan dari pelamar kerja belum mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, sehingga mereka tetap menuliskan hal-hal tak penting itu di dalam CV, yang sebenarnya tak diperlukan sama sekali oleh rekruiter sebagai pertimbangan dalam menerima si pelamar kerja.

Menulis CV sebenarnya hanya perlu fokus pada informasi mengenai keahlian si pelamar kerja, selain agar data diri lainnya tak disalahgunakan, juga untuk memperkuat karakter si pelamar kerja di mata rekruiter.

Lantas, apa saja hal-hal yang tak perlu dicantumkan dalam CV saat melamar kerja? Berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari laman media sosial Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 

Pertama, tempat dan tanggal lahir hanya perlu mencantumkan usia saja, tak harus lokasi atau daerah, beserta tanggal lahir lengkap.

Kedua, alamat si pelamar kerja cukup dituliskan provinsi dan kota tempat tinggal, tak perlu alamat lengkap yang terlalu panjang.

Ketiga, soft skills atau hard skills cukup menggunakan bar chart, karena rekruiter tak akan tahu parameter si pelamar kerja saat membuat bar chart, jadi cukup dituliskan skills yang benar-benar dikuasai saja.

Keempat, latar belakang pendidikan tak perlu ditulis dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), cukup ditulis pendidikan terakhir saja beserta pencapaian, atau prestasi yang pernah diraih.

Kemudian kelima atau terakhir, akun media sosial jika tidak benar-benar dibutuhkan oleh rekruiter, sebaiknya tak perlu dicantumkan ke dalam CV, karena karakter dan kepribadian si pelamar kerja akan langsung terbaca melalui postingan-postingan di media sosial.

Itulah ulasan penting yang perlu dicatat mengenai hal-hal yang tak perlu dicantumkan dalam CV saat melamar kerja, dengan tujuan agar informasi pribadi tak disalahgunakan, dan berfokus pada keahlian diri saja.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Survei Temukan 85% Karyawan Diterima Kerja Lewat Orang Dalam

EKONOMI & BISNIS

May 22 2023, 06.41

Namun demikian, terlepas dari manfaat jaringan, pada laporan dikatakan bahwa tidak selalu mudah untuk mempertahankannya.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022