Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 08 2023, 06.32

Kartu kredit bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Kuncinya adalah mengetahui cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Penting untuk menganggap kartu kredit sebagai sumber daya, bukan sebagai "uang tambahan." Salah satu cara untuk mengelola kartu kredit adalah dengan memastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk melunasi utang sesegera mungkin. Jika tidak, Anda mungkin akan terjerumus ke dalam lubang jebakan utang dan sulit untuk bisa keluar.

Dengan kata lain, kartu kredit bisa jadi baik jika Anda bisa mengendalikan penggunaannya. Dilansir dari laman George Heritage Federal Credit Union, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat sebelum menggunakan kartu kredit Anda

1. Bayarlah tagihan bulanan Anda tepat waktu

Anda mungkin sudah sering mendengar hal ini, dan hal ini memang benar untuk beberapa alasan:

Membayar utang bulanan Anda tepat waktu dapat membantu meningkatkan skor kredit Anda dengan menunjukkan bahwa Anda adalah peminjam yang bertanggung jawab.

Keterlambatan pembayaran dapat berarti biaya penalti.

Keterlambatan pembayaran dapat menurunkan peringkat kredit Anda.

Mengatur pembayaran otomatis dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar. Namun, jika Anda memilih opsi ini, perhatikan rekening Anda untuk memastikan Anda memiliki cukup uang di dalamnya.

2. Jangan membeli barang yang tidak mampu Anda bayar

Sebelum menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan pembelian atau membayar tagihan, pikirkan bagaimana cara melunasinya. Apakah Anda memiliki uang tunai, misalnya, atau apakah Anda akan mendapatkannya dalam beberapa minggu ke depan? Jika Anda tidak tahu dari mana akan mendapatkan uang untuk membayar utang tersebut, Anda mungkin ingin menghentikan sementara penggunaan kartu kredit.

3. Jangan sampai utang melebihi 50 persen dari batas kredit

Faktanya, Anda harus menjaga utang mendekati 10 atau 20 persen dari batas kredit tersebut. Memiliki terlalu banyak utang akan berdampak buruk pada skor kredit Anda, dan itu akan membuat stres. Selain itu, semakin banyak utang yang Anda miliki, semakin banyak pula bunga yang akan terakumulasi dalam banyak kasus.

4. Gunakan kartu kredit untuk pengeluaran yang bersifat satu kali, unik, atau krusial

Apakah Anda memiliki rencana perjalanan keluarga, atau perlu membeli alat musik untuk kelas band anak Anda? Menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab untuk acara-acara khusus dan pembelian satu kali tidak masalah, tetapi jangan menggunakannya untuk pengeluaran sehari-hari seperti bensin, bahan makanan, dan makan di luar. Jika Anda melakukannya, hal itu bisa menjadi tidak terkendali dengan cepat.

5. Jangan gunakan kartu kredit Anda untuk melunasi kartu kredit lain

Menggabungkan utang dapat membantu beberapa orang, tetapi hanya jika mereka berkomitmen untuk benar-benar melunasi utang tepat waktu. Jika Anda memindahkan utang dari satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya hanya karena itu terlihat seperti pilihan yang baik, ini akan membuat Annda berutang pada beberapa kartu kredit. 

6. Manfaatkan promo tanpa bunga

Jangan berbelanja secara royal hanya karena Anda ditawari masa perkenalan tanpa bunga, dan berusahalah untuk melunasi utang pada kartu kredit tersebut sebelum masa perkenalan tanpa bunga berakhir. Setelah masa berlaku habis, semua bunga tersebut akan muncul pada tagihan Anda berikutnya, dan Anda mungkin harus membayar biaya-biaya tertentu.

7. Bayarlah lebih dari jumlah minimum bulanan Anda

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mengurangi biaya bunga dan mengurangi utang secara keseluruhan lebih cepat. Jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum, Anda mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melunasi utang tersebut, yang akan menghasilkan jumlah bunga yang signifikan dari waktu ke waktu.

8. Turunkan batas kredit

Ya, turunkan ... bukan naikkan. Dengan batas kredit yang lebih rendah, Anda akan lebih kecil kemungkinannya untuk berbelanja secara berlebihan.

9. Baca persyaratan

Baca persyaratannya sebelum mengajukan permohonan kartu kredit, dan bandingkan pilihannya. Beberapa kartu kredit memiliki biaya tahunan, sementara yang lain memiliki biaya bulanan yang akhirnya lebih mahal daripada biaya tahunan. Beberapa membebankan denda keterlambatan pembayaran yang lebih tinggi daripada yang lain. 

10. Minimalkan jumlah kartu kredit yang Anda miliki

Memiliki satu atau dua kartu kredit dapat meningkatkan skor kredit Anda, tetapi memiliki terlalu banyak kartu kredit dapat berdampak buruk pada peringkat kredit Anda. Selain itu, dengan terlalu banyak kartu kredit, utang Anda kemungkinan akan membengkak

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Dampak Konser Musik terhadap Perekonomian

EKONOMI & BISNIS

Aug 14 2023, 19.02

Kota yang menggelar konser tur Taylor Swift mendapatkan pemasukan langsung, tidak langsung dan dampak yang ditimbulkan.


Generic placeholder image

Menkeu: Indonesia Selalu Bisa Pulih dan Mengatasi Berbagai Macam Krisis

EKONOMI & BISNIS

Jul 20 2023, 12.54

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang bisa belajar dari krisis


Generic placeholder image

Cara Menabung untuk Biaya Sekolah Anak

EKONOMI & BISNIS

Jun 12 2023, 06.53

Sebelum biaya sekolah anak menjadi beban yang berat untuk finansial keluarga, sudah saatnya untuk mulai menabung.


Generic placeholder image

Tips Sederhana untuk Mulai Menabung

EKONOMI & BISNIS

Jun 05 2023, 05.00

Menabung adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dadakan atau mencapai tujuan jangka pendek atau jangka panjang.


Generic placeholder image

ChatGPT Dapat Memilih Saham Lebih Baik daripada Manajer Investasi

TEKNOLOGI DIGITAL

May 22 2023, 00.18

Delapan persen dari 2.000 responden menyatakan sudah menggunakan jasa ChatGPT dalam memilih investasi.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022