Cara Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan Tentang Diri Anda’ Saat Interview Kerja

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 07.25

Dalam setiap sesi wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh seorang interviewer kepada calon kandidat adalah ‘ceritakan tentang diri Anda’.

Jika dilihat, pertanyaan tersebut sekilas mudah untuk dijawab, namun pada kenyataannya pertanyaan ini tidak semudah seperti memecahkan es. Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, tapi memerlukan perhatian khusus untuk merangkai jawabannya.

"Ketika Anda diwawancarai untuk sebuah pekerjaan, Anda harus memasarkan diri Anda sendiri. Jenis pemasaran terbaik adalah mengatakan yang sebenarnya, tapi ringkas dan menarik,” kata William Vanderbloemen, CEO perusahaan pencarian eksekutif Vanderbloemen Search Group, dilansir dari CNBC Make It.

Vanderbloemen telah mewawancarai lebih dari 30.000 kandidat pekerjaan, dan menulis beberapa buku tentang cara membangun karier yang sukses. 

Menurut Venderbloemen, pertanyaan soal “ceritakan tentang diri Anda" biasanya ditanyakan pada awal wawancara kerja dan ini adalah kesempatan bagus untuk membuat kesan pertama yang kuat pada para perekrut.

Kemudian, tanggalan terhadap pertanyaan ini harus menyoroti salah satu kekuatan, serta pengalaman masa lalu yang relevan dan mengapa Anda bersemangat tentang pekerjaan ini.

“Kandidat yang menonjol adalah orang-orang yang juga menunjukkan kepada saya di mana letak kekuatan mereka, jenis pekerjaan yang secara alami mereka dapatkan energi,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjut dia, penting untuk menyesuaikan jawaban, dengan cara fokus pada keterampilan dan pengalaman yang paling relevan.

Misalnya, jika Anda diwawancarai untuk pekerjaan sebagai pengembang perangkat lunak di startup teknologi yang sedang berkembang, Anda mungkin bisa mengatakan seperti yang disarankan oleh Vanderlboemen.

"Pada titik ini dalam karir saya, saya telah belajar bahwa saya sangat menikmati bekerja di lingkungan yang cepat dan gesit. Saya tidak tahan duduk diam dan melakukan hal yang sama setiap hari, bahkan di luar pekerjaan, saya selalu bersemangat untuk mengambil hobi baru. Satu hal yang saya sukai dari perusahaan Anda adalah berada dalam fase pertumbuhan hockey-stick-level sekarang. Sehingga, saya bersemangat untuk berkontribusi pada pertumbuhan ini, beradaptasi dengan cepat dan mendukung pekerjaan tim lain sebisa saya.”

Atau, sebagai contoh lain, untuk pekerjaan sebagai manajer sumber daya manusia, Anda dapat menjelaskan mengapa Anda suka terhubung dengan orang-orang.

“Jika Anda dapat menunjukkan kepada pewawancara mengapa Anda terhubung dengan cara tertentu, dan bagaimana itu sejalan dengan harapan peran, Anda akan membuat mereka kagum,” tuturnya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

45% Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

LAINNYA

Jun 03 2024, 13.47

Hal ini menjadi krusial karena memiliki dampak signifikan terhadap individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Gen Z Sering Langgar Aturan Perusahaan Dibandingkan Generasi Lainnya

LAINNYA

May 17 2024, 07.20

Pelanggaran tersebut juga tidak luput dari perhatian para pekerja lain.


Generic placeholder image

Karyawan Tipe Ini Rentan Mengalami Kelelahan

GAYA HIDUP

May 15 2024, 08.21

Menemukan pekerjaan yang membuat Anda bersemangat memang menyenangkan, tetapi kegembiraan itu tidak seharusnya menentukan harga diri Anda.


Generic placeholder image

Penelitian: Bekerja Shift Malam Rentan Alami Diabetes dan Obesitas

GAYA HIDUP

May 13 2024, 07.41

Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi dan sensitivitas insulin.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022