Yangwang U9, Mobil Listrik Murah dengan 1.300 Tenaga Kuda

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 27 2024, 06.57

BYD, produsen mobil asal Cina yang baru-baru ini menggeser Tesla sebagai penjual kendaraan listrik terkemuka di dunia memperkenalkan Yangwang U9.  Mobil listrik terbaru ini memiliki hampir 1.300 tenaga kuda dan dirancang untuk bersaing langsung dengan Lamborghini dan Ferrari.

Yangwang U9 memiliki empat motor listrik dan, dengan penggerak semua roda, dapat mencapai kecepatan lebih dari 60 mil per jam hanya dalam waktu 2,3 detik. Mobil ini dibanderol dengan harga 1,68 juta yuan Tiongkok, atau sekitar 230.000 dolar AS. Harga tersebut mirip dengan supercar yang relatif entry level, seperti model dasar Lamborghini Huracan dengan mesin V10 bertenaga 631 tenaga kuda bertenaga bensin.

Sebagai supercar listrik, Yangwang U9 menggabungkan tenaga dan performa yang mirip dengan Rimac Nevera bertenaga 1.800 tenaga kuda seharga 2 juta dolar AS, tetapi dalam paket yang harganya lebih murah dari mobil bertenaga bensin dari produsen mobil Italia yang terkenal itu.

Selain kecepatannya, Yangwang U9 juga memiliki sistem kontrol bodi yang canggih yang dapat meninggikan kendaraan hingga tiga inci di setiap roda. Seperti halnya supercar berharga mahal lainnya, bodi mobil ini terbuat dari serat karbon dan aluminium yang ringan. Kecepatan tertingginya adalah 192 mil per jam.

BYD terkenal dengan mobil dan SUV yang lebih mainstream seperti SUV Dolphin yang harganya setara dengan sekitar 38.000 olar AS di Eropa atau sedan Seal yang harganya sekitar 57.000 dolar AS. 

Perusahaan ini telah menimbulkan kekhawatiran di antara para produsen mobil Eropa karena kemampuannya untuk memproduksi kendaraan listrik dengan harga yang lebih rendah dibandingkan para pesaingnya di Amerika dan Eropa, yang berjuang untuk menekan biaya.

Kepala eksekutif Tesla, Elon Musk, mengatakan bahwa pembuat mobil listrik China seperti BYD dapat menghancurkan produsen mobil lain saat industri ini beralih ke kendaraan listrik.

"Saya setuju dengan Elon tentang fakta bahwa Cina adalah ancaman utama saat ini. Karena mereka adalah satu-satunya orang yang dapat menjual kendaraan listrik dengan harga kendaraan pembakaran internal,"kata Carlos Tavares, CEO Jeep dan produsen Fiat Stellantis dilansir dari laman CNN.

Yangwang U9 menunjukkan kemampuan BYD untuk memperluas pasarnya, tidak hanya di antara sedan keluarga dan SUV, tetapi juga di bidang supercar eksotis bervolume rendah dan berharga tinggi. Di sektor ini, merek seperti Lamborghini milik Volkswagen Group telah memperoleh rekor penjualan dan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala eksekutif Lamborghini, Stephan Winkelmann telah lama berpendapat bahwa teknologi kendaraan listrik saat ini tidak dapat memberikan pengalaman berkendara seperti yang dicari oleh para pembeli supercar, karena baterai yang dibutuhkan sangat besar. 

Lamborghini telah meluncurkan mobil listriknya sendiri, Lanzador, tetapi model empat pintu yang relatif besar yang dirancang untuk mengakomodasi baterai yang dibutuhkan dengan lebih baik.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kembangkan Teknologi Baterei EV, Cina Siapkan Investasi Rp13 Triliun

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 01 2024, 11.21

Baterai ini lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar atau meledak dibandingkan baterai konvensional.


Generic placeholder image

BUMN Mulai Pakai Mobil Listrik di Kawasan Industri

EKONOMI & BISNIS

May 31 2024, 05.14

Menteri BUMN Erick Thohir mewajibkan seluruh perusahaan BUMN menggunakan mobil listrik.


Generic placeholder image

Pendapatan Menurun, Tesla Akan Luncurkan Mobil Listrik Murah

EKONOMI & BISNIS

Apr 24 2024, 07.46

Prroduki mobil listrik Tesla dengan harga lebih murah dilakukan tahun depan.


Generic placeholder image

Meski Harga Mahal, Masa Depan Mobil Listrik Masih Menjanjikan

EKONOMI & BISNIS

Apr 10 2024, 17.12

Rata-rata mobil listrik dijual dengan harga hampir 5.000 dolar AS lebih mahal daripada harga rata-rata mobil bensin.


Generic placeholder image

Dalam 27 Menit, Mobil Listrik Produksi Xiaomi Laku 50 Ribu Unit

EKONOMI & BISNIS

Mar 30 2024, 13.43

Jarak tempuh SU7 produksi Xiaomi juga lebih jauh dibandingkan Tesla Model 3.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022