Panduan Makan Sehat saat Lebaran agar Kolesterol Anda Tidak Naik

blog_10

GAYA HIDUP

Apr 09 2024, 13.37

Perayaan Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan menu tradisional yang penuh rempah dan kaya bumbu. Dari opor ayam, rendang, sampai sambal goreng ati, hampir semua hidangan Lebaran ini tinggi lemak. Jika Anda tidak mengontrol asupannya, kolesterol, asam urat, gula darah, dan tekanan darah bisa naik. 

Di balik kelezatannya, ada bahaya kesehatan yang mengancam dari hidangan hari raya. Pasalnya, berbagai menu hidangan cenderung tinggi karbohidrat dan lemak. Dikutip dari laman Hallo Sehat, berikut tips makan sehat saat Lebaran:

1. Awali dengan makanan berserat tinggi

Meski Ramadan sudah berlalu, bukan berarti Anda bisa melampiaskan keinginan untuk menyantap berbagai hidangan saat Lebaran.  Anda tetap perlu mengendalikan napsu makan yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

Untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih, Anda dapat mengonsumsi makanan pembuka, pilihlah makanan berserat tinggi seperti apel. Ulasan dalam Obesity reviews: an official journal of the International Association for the Study of Obesity (2011) menjelaskan makan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan makanan. Efeknya, Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin makan lebih banyak.

2. Hindari makanan berlemak dan bersantan

Satu hal yang penting dalam mencoba tips makan sehat saat Lebaran adalah menghindari terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti kuah opor, semur, dan rendang.

Makanan yang digoreng dan penuh santan dapat menaikkan kadar kolesterol Anda. Selain itu, mengonsumsi makanan ini secara berlebihan bisa menimbulkan mual, pusing, nyeri tukak lambung, atau nyeri perut.

Jadi, saat makan daging, pilihlah bagian daging yang tidak terlalu banyak mengandung lemak. Kombinasikan isi piring dengan sayuran sebagai asupan serat yang bisa membantu mengendalikan nafsu makan. Buah dengan vitamin C seperti jeruk juga bisa Anda jadikan pencuci mulut karena membantu mampu menetralisir lemak.

3. Makan teratur

Lebaran memang hari yang spesial, tapi Anda sebaiknya tetap menjalani pola makan teratur. Maka dari itu, makanlah sesuai jam makan seperti di hari-hari biasa. Kebiasaan makan di luar jam makan justru membuat Anda makan dalam porsi besar lebih sering sehingga asupan kalori tidak terkontrol.

Dalam mencoba tips Lebaran sehat, pastikan Anda makan besar tetap tiga kali sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam). Jangan tergoda untuk mencicipi makanan di rumah kerabat jika Anda baru saja makan besar sebelumnya.

4. Batasi porsi makan

Tips Lebaran sehat berikutnya adalah memastikan jumlah makanan yang dimakan sudah diperhitungkan. Jika kesulitan makan teratur sesuai jam makan,  Anda bisa makan dalam porsi sedikit  tapi lebih sering.

Cara ini cocok untuk Anda yang berkunjung ke rumah beberapa orang dalam satu hari. Bila Anda kesulitan menakar porsi makan, cukup ambil ketupat tiga potong kecil, setengah potong ayam atau daging, dan satu centong kuah opor dengan sayur. Gunakan piring berukuran kecil untuk mencegah Anda makan dalam porsi besar.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mudik Lebaran, Perputaran Ekonomi di Sektor Pariwisata dan Ekraf Capai Rp276 Triliun

EKONOMI & BISNIS

Apr 16 2024, 13.22

Proyeksi pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini naik 50 persen.


Generic placeholder image

Kepulauan Seribu Masih Jadi Destinasi Favorit Warga Jakarta untuk Berlibur

GAYA HIDUP

Apr 13 2024, 13.04

Mereka berwisata ke Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, dan Pulau Pramuka.


Generic placeholder image

Empat Cara Mencegah Kolesterol Naik Setelah Lebaran

LAINNYA

Apr 12 2024, 16.42

Kolesterol tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang cukup sering terjadi setelah Lebaran.


Generic placeholder image

Enam Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran

LAINNYA

Apr 11 2024, 06.34

Jangan lupa diri dengan menyantap semua hidangan Lebaran.


Generic placeholder image

Ucapkan Selamat Idul Fitri, PM Inggris Berharap Konflik Israel-Hamas Segera Berakhir

LAINNYA

Apr 10 2024, 05.36

Inggris akan berupaya menghentikan konflik di Gaza.


Copyright Katadata 2022