Utang Tidur Harus Dilunasi, Ini Alasannya

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 13 2023, 11.15

Tidur nyenyak di malam hari sangat penting untuk kesehatan dan fungsi kognitif kita secara keseluruhan. Tidur membantu Anda mengisi ulang tenaga dan meremajakan diri, sehingga tubuh dan pikiran kita dapat pulih kembali dari kesibukan sehari-hari. 

Namun, ada kalanya Anda mungkin mengalami kurang tidur atau jadwal tidur yang terganggu selama berhari-hari, yang mengakibatkan utang tidur. Sama seperti utang finansial, utang tidur akan terus bertambah dan pada akhirnya harus dilunasi. 

Dalam kasus seperti itu, menjadi sangat penting untuk mengimbangi waktu tidur yang hilang dengan memprioritaskan istirahat dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan pola tidur yang sehat. Namun, bisakah kita benar-benar mengganti waktu tidur yang hilang atau melunasi utang tidur?

Kepala urusan medis (Asia Selatan), ResMed Dr Sibasish Dey mengatakan, utang tidur mengacu pada jumlah kumulatif tidur yang tidak didapatkan oleh seseorang dalam suatu periode. Hal ini terjadi ketika seseorang secara konsisten mendapatkan waktu tidur yang lebih sedikit daripada yang direkomendasikan untuk usia dan kebutuhannya.

“Kurangnya kebersihan tidur, pilihan gaya hidup yang tidak sehat, komitmen kerja, gangguan tidur dan penyakit medis lainnya hanyalah beberapa dari sekian banyak variabel yang dapat menyebabkan atau memperburuk utang tidur,” kata Dey dilansir dari laman Hindustan Times.

Utang tidur dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Beberapa orang mungkin mengalami kurang tidur karena ketidakmampuan mereka untuk tidur. Beberapa orang mungkin tidak mendapatkan tidur yang cukup berkualitas, sehingga mereka bangun dalam keadaan lelah. 

Meskipun gangguan tidur sesekali mungkin mengganggu, kurangnya tidur yang nyenyak secara konsisten dapat berdampak pada kinerja seseorang di tempat kerja atau sekolah, kemampuan untuk berfungsi sehari-hari, kualitas hidup dan Kesehatan.

Dey mengatakan, melunasi utang tidur merupakan suatu hal yang sangat menantang. 

"Tubuh manusia memiliki kapasitas yang terbatas untuk mengganti kekurangan tidur. Melalui proses yang disebut 'pemulihan tidur', individu dapat memperoleh kembali beberapa fungsi kognitif dan fisik yang terganggu akibat kurang tidur. Beberapa efek fisik, mental dan emosional dari kurang tidur dapat dikurangi dengan pemulihan tidur. Tidur pemulihan cenderung lebih bersifat restoratif, yang membantu memulihkan diri dari hutang tidur," jelas Dey.

Dia menambahkan, secara konsisten mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. 

"Meskipun pemulihan jangka pendek dapat dilakukan, utang tidur jangka panjang sulit untuk dihilangkan sepenuhnya, dan kurang tidur kronis dapat memiliki efek negatif kumulatif, oleh karena itu penting untuk memprioritaskan tidur yang teratur dan cukup untuk mencegah penumpukan utang tidur,” pungkas Dey.

Mengimbangi waktu tidur yang hilang dan menghilangkan utang tidur terkadang seperti penggemar senam atau kebugaran dengan daya tahan otot yang tinggi melakukan tidur siang ketika mereka kurang tidur. Solusi manjur dalam kasus seperti itu adalah tidur siang selama beberapa menit. Tidur singkat ini dapat membantu meringankan efek kurang tidur. Namun, jika seseorang secara konsisten menumpuk utang tidur, hanya mengandalkan tidur siang mungkin tidak cukup.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ukur Dampak Ekonomi terhadap Bali, Maybank Marathon Gandeng Katadata Insight Center

LAINNYA

Aug 24 2024, 19.22

Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Copyright Katadata 2022