Menjaga Konsumsi Garam Melalui Makanan Rumahan

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 21 2023, 21.54

Garam, salah satu bumbu dapur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Baik orang dewasa maupun anak-anak, konsumsi garam harus tetap seimbang agar tidak menimbulkan hipertensi dan penyakit lain.

Keseimbangan porsi garam yang dibutuhkan oleh orang dewasa dan anak-anak bisa diatur melalui penyajian makanan sehari-hari. Hal ini dijelaskan oleh Yohan Samudra, selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik, dalam Webinar Ibu Sehat dan Bahagia Kunci Keluarga Sejahtera, yang terselenggara atas kerja sama Katadata dan Ajinomoto, Rabu (21/6/2023).

Yohan mengatakan, masakan rumahan menjadi pilihan terbaik agar kebutuhan garam seluruh keluarga terpenuhi, karena takaran garam dalam masakan rumahan bisa diatur supaya tidak berlebih, maupun kurang.

“Kalau dari saya itu tadi ya, lebih banyak makan, pilihlah masakan-masakan rumahan. Jadi dengan begitu kita bisa menakar jumlah garam yang masuk,” ujar Yohan.

Yohan juga menegaskan, ada baiknya untuk mengurangi jajanan, atau makanan cepat saji, karena makanan-makanan tersebut mengandung garam berlebih yang sangat tidak baik untuk tubuh. Misalnya mengurangi makan keripik, makanan kemasan, dan frozen food (makanan yang dibekukan).

Namun, Yohan juga tidak melarang untuk mengonsumsi makanan cepat saji tersebut, asalkan ada pengaturan yang baik dalam penyajiannya. Contoh, jika di pagi hari sudah mengonsumsi mi instan, maka makan siang atau makan malam harus ganti menu, agar kadar gizi dan garam dalam tubuh tetap seimbang.

“Kita boleh-boleh saja mengonsumsi makanan-makanan itu, tapi ada jatahnya, jadi ibaratnya, kalau hari ini sudah makan mi instan, maka kita sudah tahu kalau garamnya sudah masuk setengah dari jatah sehari, maka jangan makan nasi goreng di malam harinya. Jadi besoknya boleh makan nasi goreng, ketika  paginya tidak makan mi instan,” pungkas Yohan.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ukur Dampak Ekonomi terhadap Bali, Maybank Marathon Gandeng Katadata Insight Center

LAINNYA

Aug 24 2024, 19.22

Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Copyright Katadata 2022