Indonesia Outing Expo 2025: Solusi HR & Organisasi untuk Membangun Kebersamaan
GAYA HIDUP
Nov 05 2025, 16.23
Di tengah dunia yang semakin digital dan dinamis, kebutuhan manusia untuk saling terhubung secara langsung tetap penting. Bagi perusahaan, sekolah, komunitas, maupun pelaku bisnis, kegiatan outing kini menjadi cara efektif untuk memperkuat relasi, kolaborasi, dan semangat kebersamaan.
Menjawab kebutuhan tersebut, PT Panorama Media menghadirkan Indonesia Outing Expo (IOE) 2025, pameran pertama di Indonesia yang secara khusus menghadirkan berbagai solusi dan inspirasi untuk kegiatan outing, team building, dan event kebersamaan lintas sektor. Acara ini akan digelar pada 14–16 November 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan, menghadirkan lebih dari 100 vendor dari hotel, resort, tempat wisata, restoran, transportasi, hingga penyedia aktivitas interaktif.
Berdasarkan data Astute Analytica (2024), nilai industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions) Indonesia diproyeksikan mencapai USD 7,4 miliar pada 2032, menandakan semakin tingginya kebutuhan akan kegiatan yang mempertemukan orang dan memperkuat koneksi sosial. “Kami ingin menghadirkan satu ruang di mana semua orang bisa menemukan ide dan mitra terbaik untuk menciptakan momen kebersamaan. Baik HR perusahaan, guru sekolah, pengurus komunitas, maupun pemilik bisnis, semua bisa menemukan referensi yang sesuai dengan karakter dan kebutuhannya,” ujar Andita Tirtawisata, Direktur Panorama Media.
KEGIATAN KEBERSAMAAN YANG BERMAKNA
Studi menunjukkan bahwa aktivitas kebersamaan memiliki dampak besar terhadap produktivitas dan kesejahteraan. Setelah mengikuti team building, 63% pemimpin perusahaan melaporkan peningkatan komunikasi tim, sementara aktivitas sosial di luar pekerjaan dapat meningkatkan kepuasan kerja hingga 50%. Namun, hanya 31% organisasi yang secara rutin melakukan kegiatan untuk memperkuat engagement karyawan.
“Outing bukan hanya sekadar jalan-jalan, tapi tentang membangun hubungan yang lebih kuat antarindividu. Melalui IOE, kami ingin membantu berbagai pihak menemukan ide, vendor, dan mitra terbaik untuk menciptakan kegiatan kebersamaan yang relevan dan berdampak,” ujar Priscilla Daulima, Project Manager Indonesia Outing Expo.
PROGRAM & AKTIVITAS
Selain menampilkan 100+ vendor dan brand, Indonesia Outing Expo 2025 juga menghadirkan program dan aktivitas interaktif yang memungkinkan pengunjung merasakan langsung pengalaman kebersamaan.
CSR & Community Session – menampilkan inisiatif sosial yang dapat diadaptasi sebagai program outing dan kegiatan sekolah.
Workshop Interaktif – kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba aktivitas team building dan permainan kolaboratif.
Networking & Collaboration Space – ruang untuk bertemu vendor, berbagi pengalaman, dan membangun kolaborasi baru.
“Kami ingin setiap pengunjung tidak hanya melihat, tetapi juga mengalami — mencoba langsung, belajar dari para ahli, dan membawa pulang ide yang bisa diterapkan,” tambah Priscilla.
DUKUNGAN DARI ASOSIASI DAN KOMUNITAS
Indonesia Outing Expo 2025 mendapat dukungan dari berbagai asosiasi, komunitas, dan lembaga pemerintah, termasuk PUTRI, AELI, IVENDO, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta. Dukungan lintas sektor ini menegaskan komitmen IOE untuk menjadi wadah inspiratif bagi para HR profesional, pengurus sekolah dan komunitas, hingga pemilik bisnis yang ingin menciptakan kegiatan kebersamaan yang berdampak.
Dari sisi pembelajaran, Gigih Gesang selaku Ketua Umum dari AELI (Asosiasi Experiential Learning Indonesia) melihat pameran ini sebagai sarana bagi perusahaan dan institusi pendidikan untuk memahami nilai dari experiential learning. “Kegiatan seperti outing atau camp adalah media pembelajaran yang efektif untuk membangun karakter dan kerja sama tim. IOE membantu kami menjangkau lebih banyak pihak agar metode ini bisa diterapkan di berbagai lingkungan,” jelas Gigih.
Ahmad Hersapto selaku Event Safety Coordinator dari IVENDO (Indonesia Event Industry Council) DKI Jakarta, menilai IOE relevan bagi komunitas event dan HR yang mencari mitra kegiatan tepercaya. “Pameran ini mempertemukan berbagai pelaku industri, dari venue, event organizer, hingga penyedia aktivitas outdoor yang semuanya berperan dalam menciptakan pengalaman kebersamaan berkualitas,” tutur Ahmad.
Dari perspektif pengguna, Sawitri Soedarno selaku Head of Country Marketing Indonesia dari JobStreet melihat IOE sebagai solusi efisien untuk mencari vendor outing dan kegiatan employee engagement. “Biasanya mencari vendor outing yang sesuai butuh waktu lama dan banyak riset. Dengan IOE, semua sudah terkurasi dan bisa ditemukan dalam satu tempat,” ungkap Sawitri.
Dengan dukungan berbagai pihak dan program yang inspiratif, Indonesia Outing Expo 2025 diharapkan menjadi titik temu bagi siapa pun yang ingin membangun semangat kebersamaan di lingkungan kerja, sekolah, maupun komunitas. Pameran ini tidak hanya menjadi ajang mempertemukan vendor dan pengunjung, tetapi juga wadah untuk berbagi ide, memperluas jaringan, dan menciptakan kolaborasi yang berdampak.
Pameran ini juga didukung oleh berbagai brand lintas industri yang memiliki komitmen terhadap pengembangan SDM dan kegiatan kebersamaan, seperti PT Garuda Adhimatra Indonesia (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), PT Nusadewa Natura (Museum Pasifika), PT Katarina Bersama Putra (Camp de Katarina) dan juga CV Kasih Karunia (Arei Outdoor Gear). Kolaborasi lintas sektor ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman pengunjung serta menghadirkan inspirasi baru bagi dunia kerja dan komunitas di Indonesia.
“Kami percaya bahwa setiap kegiatan kebersamaan memiliki kekuatan untuk mempererat hubungan dan membuka peluang baru. Melalui Indonesia Outing Expo, kami ingin menghadirkan pengalaman yang menginspirasi banyak orang untuk terus terhubung, berkolaborasi, dan tumbuh Bersama,” ujar Andita Tirtawisata, Direktur Panorama Media.
CARA REGISTRASI
Indonesia Outing Expo 2025 terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung cukup melakukan registrasi melalui situs resmi www.indonesiaoutingexpo.co.id atau langsung di lokasi pameran pada 14–16 November 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan.
Mengusung tema “The Botanical Futures,” FLOII Expo 2025 hadir menjadi pendorong tren hortikultura nasional yang tidak hanya berorientasi pada nilai estetika.
Acara ini menegaskan komitmen IPB untuk menghadirkan kegiatan olahraga yang bukan hanya menyehatkan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan.