Tiap Hari, 2 Miliar Cangkir Kopi Dikonsumsi di Seluruh Dunia

blog_10

GAYA HIDUP

Aug 22 2023, 08.21

Minum kopi adalah bagian dari rutinitas harian banyak orang. Kopi dapat dikonsumsi kapan saja, tetapi biasanya dikonsumsi saat sarapan. Minuman kopi dibuat dari biji kopi yang dipanggang yang dapat terdiri dari lebih dari 120 spesies Coffea. Namun, dua spesies utama yang digunakan untuk produksi kopi global adalah Arabika dan Robusta. 

Produsen kopi terbesar di dunia adalah Amerika Selatan, khususnya Brasil, yang memproduksi lebih dari 77 juta kantong kopi seberat 60 kilogram. Saat ini, populasi penduduk dunia hampir 8 miliar, dan di antara jumlah tersebut, 12,6% gemar minum kopi, atau setara dengan 1 miliar orang.

Dilansir dari laman Earthweb, setiap hari, 2,25 miliar cangkir dikonsumsi di seluruh dunia. Kopi hitam merupakan minuman kopi terlaris mengingat minuman ini tidak menggunakan pemanis dan tidak memiliki tambahan kalori. Sekitar 650 juta orang di seluruh dunia meminum kopi hitam, dan 53 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat. 

Kopi instan juga dikonsumsi oleh banyak orang karena harganya yang lebih murah dan mudah disajikan. Sekitar 35 juta orang di berbagai belahan dunia meminum kopi instan, 5,25 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat.

Amerika Serikat adalah pasar kopi terbesar di dunia, dengan pendapatan lebih dari 80 miliar dolar Amerika. Amerika Selatan merupakan produsen kopi terbesar di dunia yang menghasilkan sekitar 77,46 juta kantong, yang terdiri dari 60 kilogram kopi. 

Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer dan terlaris di pasaran. Sekitar 883 juta orang di seluruh dunia minum kopi saat sarapan, lebih dari 125 juta di antaranya berasal dari AS. 90% orang tua di AS mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari dibandingkan dengan 70% orang muda berusia 18 hingga 24 tahun. Orang yang lebih muda lebih suka minum kopi saat makan siang dibandingkan dengan orang yang lebih tua.

Di antara semua negara di seluruh dunia, Finlandia memiliki konsumsi kopi tertinggi per orang. Rata-rata orang Finlandia dapat meminum hingga 12 kilogram kopi setiap tahunnya. Posisi kedua ditempati Norwegia (9,9 kg/tahun) dan Islandia (9 kg/tahun).

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tips Aman Minum Kopi di Bulan Ramadan Beserta Efek dan Manfaatnya

GAYA HIDUP

Apr 02 2024, 11.44

Meminum kopi di bulan Ramadan akan menimbulkan efek yang berbeda dari hari-hari biasanya.


Copyright Katadata 2022