Wajib Tahu! Ini Tips Berpakaian yang Nyaman saat Naik Pesawat

blog_10

GAYA HIDUP

Nov 22 2023, 14.32

Saat melakukan perjalanan dengan naik pesawat ternyata ada beberapa tips berpakaian yang wajib diketahui.

Tips berpakaian ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang selama berada di dalam pesawat, karena perjalanan yang ditempuh jauh, jadi usahakan untuk mengenakan pakaian yang tidak merepotkan diri sendiri. Contohnya dengan mengenakan sepatu sport dan baju, serta celana longgar akan membuat badan lebih mudah bergerak untuk membawa travel bag.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh seorang pramugari dari salah satu maskapai luar negeri.

"Ingat, Anda duduk di dalam sebuah mesin dengan ruang terbatas, benda-benda tajam, dan orang asing," kata Amy Caris, seorang pramugari dan direktur In-Flight di JSX, dikutip dari Reader Digest.

"Jangan kenakan pakaian terbaik Anda, tetapi kenakanlah pakaian yang nyaman dan sedikit longgar. Kenyamanan bisa menjadi gaya!" imbuhnya.

Dilansir dari Reader Digest, berikut tips berpakaian yang nyaman saat melakukan perjalanan dengan naik pesawat.

1. Celana yang Longgar

Ruang gerak di pesawat sangat terbatas, untuk itu penumpang diharapkan tidak mengenakan pakaian yang juga bisa membatasi gerak badan.

Usahakan untuk tidak mengenakan celana jeans ketat maupun jaket jeans.

"Sebagai penumpang, saya selalu mengenakan celana rajut ponte, yang menawarkan kelenturan dan gaya," tutur Amy Caris.

"Anda bahkan bisa menemukan celana jeans yang memiliki kelenturan,” tambahnya.

2. Baju Atasan yang Longgar
Saat memilih pakaian yang akan dikenakan untuk naik pesawat, carilah baju atasan bergaya yang terbuat dari bahan alami seperti katun, sutra, wol, atau linen, yang memungkinkan udara dan kelembaban masuk.

"Saya menghindari mengenakan bahan poliester sintetis atau rayon, karena bahan ini lebih cepat menahan bau badan," ungkap Amy Caris.

"Saya suka atasan yang longgar, yang cukup untuk menjaga bentuk tubuh saya, namun tetap nyaman untuk duduk,” lanjutnya.

3. Kaus Kaki yang Pas
Duduk di dalam pesawat untuk waktu yang lama dapat menghambat aliran darah, dan membuat kaki menjadi bengkak. Untuk itu, kenakan kaus kaki yang benar-benar pas di kaki (tidak kebesaran dan tidak kekecilan), karena dapat membantu mengatasi nyeri tungkai dan kaki, serta mencegah trombosis vena dalam, atau penggumpalan darah di kaki.

"Pakailah sebelum naik pesawat, karena bisa jadi sulit untuk memakainya di ruang terbatas,” saran Amy Caris.

4. Cardigan

Suhu udara di dalam pesawat tidak bisa diprediksi dengan tepat, terkadang terlalu dingin, tapi ada kalanya panas, atau pun biasa saja. Guna mengatasi ketidakpastian suhu udara di dalam pesawat, Amy Caris menyarankan penumpang untuk mengenakan baju berlapis, yang juga bermanfaat untuk mengurangi beban di dalam travel bag.

Selain itu, penumpang pesawat juga bisa mengenakan cardigan tipis sebagai pengganti jaket.

5. Gaun Elastis
Para penumpang tidak perlu mengganti gaun yang mereka kenakan dengan celana saat akan naik pesawat, tapi mereka bisa mengenakan gaun rajut yang tidak membatasi gerak badan.

"Saya tidak menyarankan mengenakan rok dan gaun yang membatasi, tetapi beberapa gaun rajut bisa panjang, melar, dan mudah untuk bepergian," ujar Amy Caris.

6. Sepatu yang Nyaman
Para pramugari setuju bahwa sepatu terbaik untuk dipakai di pesawat adalah sepatu flat, meskipun Amy Caris mengatakan bahwa jika penumpang lebih suka memakai sepatu hak tinggi, boleh saja, selama sepatu hak tinggi itu bisa membuat tubuh tetap stabil. Yang paling penting adalah sepatu dengan ujung tertutup.

"Saya pernah melanggar aturan saya sendiri dan memakai sandal," aku Amy Caris.

"Saat saya berdiri di lorong menunggu untuk mendapatkan tempat duduk saya, orang di depan saya mundur ke belakang dan menekuk kuku saya ke belakang. Aduh! Itu adalah pengingat yang baik mengapa saya harus mematuhi peraturan penerbangan saya sendiri,” cerita Amy Caris.

7. Selendang atau Syal
Selendang yang terbuat dari benang wol yang tebal atau ringan,  tidak hanya menambah kesan elegan pada pakaian seseorang, tetapi juga berfungsi ganda di dalam pesawat sebagai selimut, bantal, atau lapisan tambahan, tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang di dalam travel bag.

Tapi perlu diingat untuk tidak menutupi sabuk pengaman dengan selendang atau syal tersebut.

"Dengan cara ini, (pramugari) tidak perlu membangunkan Anda jika mereka harus melakukan pemeriksaan kepatuhan selama penerbangan," jelas Amy Caris.

8. Pakaian Bisnis yang Rapih dan Nyaman

Jika seseorang bepergian untuk urusan bisnis, orang tersebut dapat mengenakan pakaian bisnisnya yang rapih dan nyaman.

"Sekarang sangat mudah untuk menemukan pakaian yoga atau celana panjang dan blazer yang terlihat seperti pakaian bisnis, baik untuk pria maupun wanita," kata Amy Caris.

"Jika Anda harus langsung menuju ke kantor atau rapat setelah penerbangan, tidak ideal untuk berganti pakaian di toilet atau bilik kamar mandi bandara. Dan ini adalah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan, terutama jika penerbangan ditunda,” terangnya.

9. Pakaian Santai yang Longgar
Jika seseorang melakukan perjalanan dengan naik pesawat selama semalaman, penting untuk bisa tidur selama beberapa jam, karenanya, pilihlah pakaian santai yang terlihat pantas di depan umum.

"Sepasang kaos katun modal yang bagus atau celana harem bisa digunakan," kata Amy Caris.

"Pastikan saja tidak ada lubang di dalamnya!" pungkasnya.

10. Sandal
Sandal juga bisa menjadi pilihan terbaik saat bepergian naik pesawat, dan pilihlah sepasang sandal yang bersol karet, karena bisa digunakan di mana saja, serta akan sangat bermanfaat di kamar hotel saat menginap perjalanan jauh.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022