Pantai Goa Cina, Wisata Alami yang Unik di Malang Selatan

blog_10

GAYA HIDUP

May 03 2023, 05.00

Pantai Goa Cina, salah satu dari sekian banyak pantai indah di Malang Selatan, merupakan tempat wisata alami nan unik. Pantai Goa Cina yang dulunya bernama Pantai Rowo Indah ini berlokasi di Dusun Tumpak Sewu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Nama Goa Cina sendiri mulai melekat pada pantai ini ketika terjadi peristiwa kematian seseorang yang berkebangsaan Tionghoa dalam keadaan sedang bertapa di dalam gua, di kawasan pantai tersebut. Tidak bisa dipastikan kapan kematian pertapa Tionghoa tersebut, tapi masyarakat sekitar pantai yakin bahwa peristiwa itu terjadi sekitar 20 tahun yang lalu, dan sejak itulah Pantai Rowo Indah lebih dikenal dengan sebutan Pantai Goa Cina.

Akses menuju Pantai Goa Cina terbilang mudah, karena melewati Jalur Lingkar Selatan (JLS) dengan kondisi jalan raya yang sudah sangat baik. Meski begitu, para pengendara tetap harus berhati-hati, karena jalan menuju lokasi Pantai Goa Cina berliku-liku, ditambah dengan banyaknya hutan jati, perkebunan liar, serta jurang di sisi kiri dan kanan jalan.

Untuk memasuki Pantai Goa Cina, pengunjung harus melewati jembatan Bajul Mati terlebih dulu yang posisinya berada di atas muara laut. Jembatan Bajul Mati memiliki panjang 80 meter, dan lebar 20 meter untuk dua jalur, serta dilengkapi dengan arsitektur yang unik, yaitu berupa tiang melengkung di tengah jembatan dengan posisi membujur.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu per orang, para pengunjung bisa menikmati indahnya ombak laut yang besar, pasir pantai yang berwarna putih, dan air laut yang begitu bening alami. Selain ombak, pasir putih, dan air laut yang bening, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya hamparan laut lepas dari atas bukit kecil yang posisinya tepat di atas batu karang besar.

Apabila ingin mengunjungi goa tempat meninggalnya si pertapa Tionghoa, pengunjung juga harus mengeluarkan tarif tambahan sebesar Rp5 ribu. 

Sebelum memasuki goa, ada baiknya pengunjung juga membaca peraturan yang ditempel di pintu masuk. Salah satu larangan tersebut adalah wanita yang sedang menstruasi tidak dapat memasuki goa peninggalan pertapa Tionghoa. Peraturan lain yang juga wajib dipatuhi adalah, para pengunjung tidak diperkenankan untuk berbicara dan berbuat sembarangan, serta berkata kotor.

Para pengunjung dipastikan tak akan menyesal jika berkunjung ke Pantai Goa Cina, karena pantai ini menyuguhkan panorama alami dan eksotik, di antaranya adalah tiga pulau yang ada di tengah pantai ini, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Selain terkenal karena keberadaan Goa Cina, pantai ini juga memiliki keunikan lain yang kerap tak disadari oleh para pengunjung, yakni terjadinya gelombang bersimpangan dari tiga arah, selatan, timur dan barat.

Arus gelombang dari tiga arah itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya, dan karena arus gelombang yang bertabrakan begitu kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh yang sangat keras.

Karena Pantai Goa Cina ini berada di Malang Selatan, maka tergolong sebagai pantai dengan ombak yang besar, maka tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini.

Selain rumah makan yang menyuguhkan masakan ikan laut, Pantai Goa Cina juga menawarkan fasilitas berupa musala, toilet, kamar mandi, toko-toko souvenir, hingga penginapan.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Lima Lokasi Berburu Sunrise Beserta Kuliner Lokal yang Lezat

LAINNYA

May 29 2024, 11.17

Selain berburu sunrise atau matahari terbit, alangkah baiknya kalau sambil mencicipi kuliner lokal yang lezat.


Generic placeholder image

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Libur Cuti Bersama Waisak 2024

GAYA HIDUP

May 14 2024, 13.51

Jika Anda menjadi salah satu orang yang mengambil cuti, tidak ada salahnya jika manfaatkan libur long weekend ini.


Generic placeholder image

Delapan Manfaat Traveling bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

GAYA HIDUP

Mar 04 2024, 10.30

Salah satu manfaat adalah membuat para traveler menjadi orang yang lebih percaya diri.


Generic placeholder image

Empat Pulau Terbaik di Indonesia untuk Tempat Wisata

GAYA HIDUP

Mar 01 2024, 13.09

Keindahan pulau-pulau di Indonesia itu terlukis pada empat pulau yang berpredikat terbaik.


Generic placeholder image

Istanbul Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Dunia Pada 2023

GAYA HIDUP

Feb 13 2024, 11.53

Menurut National Geographic, waktu terbaik mengunjungi Istanbul adalah pada musim semi.


Copyright Katadata 2022