Lari Bukan Solusi untuk Turunkan Berat Badan

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 31 2023, 08.00

Lari adalah kontributor yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, tetapi bukan solusi langsung untuk menurunkan berat badan. Menurut pelatih kekuatan dan pengkondisian tubuh, Basu Shanker, lari harus diperlakukan sebagai aktivitas kardiovaskular. 

"Mulailah dengan fokus pada pola makan dan urutan konsumsi makanan Anda. Perkuat dengan angkat beban dan lanjutkan dengan berlari! Itulah cara yang harus dilakukan,” kata Shanker dikutip dari laman The Indian Express.

Memulai perjalanan penurunan berat badan sering kali membuat seseorang mempertimbangkan lari sebagai sarana olahraga utama. 

"Meskipun berlari tidak diragukan lagi menawarkan banyak manfaat kesehatan, seluk-beluk penurunan berat badan tidak hanya di dalam lintasan lari. Untuk memahami mengapa hanya mengandalkan lari mungkin bukan solusi utama, sangat penting untuk mempelajari kompleksitas metabolisme, asupan kalori, dan interaksi yang rumit antara olahraga dan diet," kata pakar kebugaran Garima Goyal.

"Lari berkontribusi pada pembakaran kalori, tetapi efektivitas penurunan berat badan melalui lari bergantung pada faktor-faktor seperti intensitas, durasi, dan frekuensi. Memahami dinamika keseimbangan energi sangat penting untuk memahami bagaimana lari cocok dengan konteks yang lebih luas dari strategi penurunan berat badan," kata Goyal.

Hubungan antara lari dan nafsu makan adalah faktor penting yang mempengaruhi hasil penurunan berat badan. Meskipun olahraga dapat memengaruhi nafsu makan, responsnya berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan rasa lapar setelah berlari, yang menyebabkan asupan kalori yang lebih tinggi jika tidak dikelola dengan tepat. 

"Pilihan makanan yang strategis setelah berlari, ditambah dengan pemahaman tentang dinamika nafsu makan individu, memainkan peran penting dalam mencapai dan mempertahankan penurunan berat badan," kata Goyal.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Suplemen Minyak Ikan Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

GAYA HIDUP

May 30 2024, 11.38

Para peneliti melibatkan 415.737 orang dari studi UK Biobank.


Generic placeholder image

Awas! Suka Marah-Marah Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

GAYA HIDUP

May 02 2024, 11.34

Sebelum, selama, dan setelah tugas, para ilmuwan juga mengukur pelebaran pembuluh darah dan fungsi seluler peserta.


Generic placeholder image

Anda Bisa Menghitung Sendiri Berat Badan Ideal, Begini Caranya

GAYA HIDUP

Apr 15 2024, 16.22

Cara menghitung berat badan ideal dapat dilakukan dengan menggunakan 2 rumus.


Generic placeholder image

Studi Temukan Puasa Intermiten Berkaitan dengan Risiko Kematian Kardiovaskular

GAYA HIDUP

Mar 20 2024, 11.30

Para peneliti menyelidiki potensi dampak kesehatan jangka panjang dari mengikuti rencana makan dengan batasan waktu 8 jam.


Generic placeholder image

Cara Mengelola Stres dengan Hobi Sederhana di Rumah

GAYA HIDUP

Mar 14 2024, 08.37

Stres yang berkepanjangan telah terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah suasana hati, gangguan tidur, dan bahkan penyakit jantung.


Copyright Katadata 2022