Generasi Muda Diminta Berperan Aktif di World Water Forum ke-10 di Bali

blog_10

LAINNYA

Apr 29 2024, 21.46

Generasi muda diajak memanfaatkan ajang World Water Forum ke-10 untuk turut berperan aktif dalam mitigasi dampak bencana akibat perubahan iklim. Hal tersebut sejalan dengan tujuan  utama forum yang digelar di Bali 18--25 Mei 2024, yaitu memperkuat peran Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, air, serta dampaknya terhadap sektor-sektor vital.

Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali mengungkapkan,  Kementerian PUPR dalam kegiatan-kegiatan yang membahas isu air, baik nasional maupun internasional pun melibatkan para pemuda. Termasuk mendorong partisipasi nyata mereka di ajang World Water Forum ke-10.

“Generasi muda itu juga mengadakan rangkaian kegiatan seminar, webinar dan juga mengikuti kompetisi di lapangan. Mereka juga kita ajak ke forum-forum luar negeri, kita kenalkan dengan generasi muda negara lain,” kata Firdaus Ali dilansir dari laman Kemenparekraf.

Pada forum tersebut para pemuda dilibatkan untuk sama-sama berdiskusi, berkolaborasi, dan mencari solusi atas permasalahan air saat ini dan di masa depan.

“Pemerintah Indonesia melibatkan generasi muda  untuk menjadi bagian dalam upaya mencari solusi atas tantangan dan ancaman krisis air global,” kata Firdaus.

Sebelumnya saat Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali pekan lalu, Kepala Bidang I Program dan Sesi Panitia Nasional Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 sekaligus Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati juga menegaskan jika partisipasi aktif pemuda Indonesia dibutuhkan karena menjadi generasi penerus bangsa.

“Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kepemimpinan dan peran Indonesia sebagai tuan rumah, karena yang akan mengalami nantinya adalah para pemuda, baik di bidang mitigasi maupun penanganan permasalahan air dan iklim serta dampaknya terhadap lingkungan, kebencanaan, pangan, energi, dan kesehatan," kata Dwikorita

Kata Dwikorita, dalam rangka mengangkat peran pemuda, agenda Bali Youth Plan bertajuk Voice of the Youth diusulkan untuk menjadi bagian yang signifikan di pembukaan atau penutupan. Harapannya mereka akan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk turut serta dalam menyuarakan tantangan global terkait air dan iklim. 

"Diharapkan Voice of the Youth ini dapat memformulasikan pemikiran para pemuda di tingkat global serta memberikan rekomendasi untuk masa depan," ujar Dwikorita.

Selain Bali Youth Plan, World Water Forum ke-10 juga sudah menetapkan sejumlah target untuk mencapai hasil nyata yang dapat memberikan dampak positif bagi pengelolaan sumber daya air secara global. 

Adapun target tersebut di antaranya pendirian Pusat Unggulan atau Center of Excellence for Climate and Water Resilience, membentuk working group dalam pengelolaan sumber daya air terpadu di pulau-pulau kecil, serta meresmikan Hari Danau Dunia atau World Lake Day.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Jokowi Buka World Water Forum 2024, Elon Musk Jadi Pembicara

EKONOMI & BISNIS

May 15 2024, 20.53

Jokowi bersama Elon Musk yang turut hadir di World Water Forum akan sekaligus meresmikan layanan internet berbasis satelit Starlink,


Generic placeholder image

Polisi Siapkan Pola Pengamanan Sistem Klaster di World Water Forum

LAINNYA

May 13 2024, 20.53

Secara umum seluruh upaya pengamanan jajaran Polri dibalut dalam Operasi Puri Agung 2024.


Generic placeholder image

Kesuksesan Program Citarum Harum Dibawa ke World Water Forum 2024

EKONOMI & BISNIS

May 12 2024, 19.31

Program ini mampu menurunkan tingkat pencemaran air secara signifikan.


Generic placeholder image

TNI Turunkan Kendaraan Lapis Baja untuk Pengamanan World Water Forum

LAINNYA

May 11 2024, 21.58

Selain menyiapkan prajurit dan kendaraan dukung, TNI menyiagakan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).


Generic placeholder image

Delegasi World Water Forum akan Merasakan Pengalaman Pariwisata yang Berkesan

EKONOMI & BISNIS

May 10 2024, 14.03

Bersama dengan Pemprov Bali dan Kementerian PUPR, Kemenparekraf akan menyelenggarakan Pawai Budaya World Water Forum 2024.


Copyright Katadata 2022