10 Negara dengan Warga Berpendidikan Paling Baik di Dunia 2024

blog_10

LAINNYA

Mar 15 2024, 17.14

Sistem pendidikan adalah salah satu indikator yang paling  krusial) dari pembangunan suatu negara. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di negara-negara berpendidikan, yang setidaknya memiliki pendidikan minimal sekolah menengah atas, dan pilihan pendidikan yang terjangkau, memiliki kemungkinan besar untuk berada di peringkat teratas di dunia.

Sementara itu, untuk masyarakat yang tinggal di negara-negara yang mungkin tidak memiliki akses ke pendidikan dasar dalam bentuk apa pun, tergolong memiliki tingkat melek huruf yang paling rendah, serta program pendidikan dengan kualitas yang buruk.

Dilansir dari Bscholarly, berikut ini sepuluh negara yang memiliki warga berpendidikan paling baik di dunia pada 2024 adalah sebagai berikut.

1. Kanada
Pada tahun 2022, Kanada telah melampaui Amerika Serikat sebagai negara paling berpendidikan di dunia. Populasi Kanada diperkirakan mencapai 38.257.001 orang pada bulan Februari. Menurut OECB, Kanada memiliki tingkat melek huruf sebesar 60%. Menurut Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), meskipun Kanada memiliki populasi orang dewasa berpendidikan tinggi yang sangat besar, hanya sebagian kecil yang memiliki pendidikan lanjutan.

Sarjana, MA, dan Ph.D. adalah tiga tingkat pendidikan yang dapat diakses di Kanada. Sebagai siswa asing, seseorang dipersilakan untuk menyelesaikan semua, atau sebagian studi di Kanada. Universitas-universitas publik dan swasta juga memiliki pengajaran yang hampir sama dengan negara-negara maju lainnya.

2. Rusia
Menurut OECD, Rusia adalah negara dengan tingkat pendidikan terbaik kedua di dunia. Dengan populasi 145.805.947 jiwa, negara ini memiliki tingkat melek huruf sebesar 56,70 persen. Meskipun memiliki penduduk yang berpendidikan tinggi, pendanaan sekolah hingga universitas di Rusia jauh lebih rendah daripada rata-rata OECD.

Di Rusia, warganya dididik oleh pemerintah. Bagaimanapun juga, Rusia adalah negara sosialis. Menurut data OECD, sekitar 57% orang Rusia memiliki gelar pasca-sekolah menengah. Pada 2018, negara ini menghabiskan sekitar 3,7% dari 1,66 triliun dolar AS untuk pendidikan, dan memiliki 766 universitas yang tersebar di wilayahnya yang luas.

3. Jepang
Mayoritas orang Jepang dapat membaca dan menulis dalam berbagai disiplin ilmu seperti matematika, sains, dan masih banyak lagi. Jepang adalah negara dengan tingkat pendidikan terbaik ketiga di dunia, dengan tingkat melek huruf yang cukup tinggi, yaitu 52,70%. Populasi Jepang adalah 125.584.838 orang.

Sistem pendidikan di Jepang sebagian besar terdiri dari sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah pertama 3 tahun, dan sekolah menengah atas 3 tahun, dengan 2 atau 3 tahun perguruan tinggi, atau perguruan tinggi 4 tahun. Di seluruh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sistem pendidikan berlangsung selama 9 tahun.

Hanya sedikit lebih dari setengah populasi orang dewasa di Jepang yang memiliki tingkat pendidikan tertinggi.

4. Luksemburg
Menurut OECD, Luksemburg memiliki tingkat melek huruf sebesar 51,30%, dan populasi sebesar 642.371 jiwa.

Negara ini memiliki salah satu proporsi tertinggi orang dewasa yang terdaftar dalam pendidikan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Gelar master adalah sertifikasi pendidikan pascasarjana yang paling sering ditemui di negara ini.

Sistem pendidikan di Luksemburg menggunakan dua bahasa, dan terdiri dari tiga tingkatan, yaitu pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Mayoritas sekolah dikelola oleh negara dan gratis. Dari usia 4-16 tahun, siswa harus bersekolah.

5. Korea Selatan
Korea Selatan menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Korea Selatan memiliki tingkat melek huruf sebesar 50,70%, dan jumlah penduduk sebesar 51.329.899 jiwa.

Korea Selatan berinvestasi lebih banyak di bidang pendidikan daripada rata-rata OECD di tingkat sekolah dasar dan menengah, menurut OECD.

Perguruan tinggi dan program studi di luar negeri terkenal di Daegu, Chuncheon, Cheonan, dan Gyeongsan.

6. Israel
Dengan populasi 8.922.892 jiwa dan tingkat melek huruf sebesar 50,10 persen, Israel berada di urutan keenam dalam daftar negara berpendidikan tertinggi di dunia versi OECD. Meskipun memiliki tingkat melek huruf yang sama, negara ini hanya unggul satu tempat di atas Amerika Serikat dalam peringkat negara paling berpendidikan di dunia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Israel adalah negara yang berpendidikan tinggi, dan sistem pendidikannya sangat berbeda dengan Amerika Serikat. Sistem sekolah dasar di Israel dipisahkan berdasarkan agama. Pelatihan senjata sering dilakukan di Israel (wajib militer).

7. Amerika Serikat
Setiap tahun, universitas-universitas di Amerika Serikat menduduki peringkat teratas dari universitas-universitas terbaik di dunia. Lebih dari setengah dari sepuluh perguruan tinggi terbaik di dunia berada di Amerika Serikat. Meski memiliki beberapa sekolah dan universitas terbaik di dunia, Amerika Serikat menduduki peringkat ketujuh sebagai negara paling berpendidikan di dunia untuk tahun 2024. Amerika Serikat memiliki populasi 334.805.269 orang, dengan tingkat melek huruf 50,10 persen.

8. Irlandia
Irlandia berada di urutan kedelapan dalam daftar negara paling berpendidikan di dunia, dengan populasi 5.020.199 jiwa dan tingkat melek huruf 49,90%.

Semua anak di Irlandia diwajibkan untuk bersekolah dari usia 6-16 tahun, atau sampai mereka menyelesaikan 3 tahun sekolah menengah, termasuk mengikuti ujian Junior Certificate.

Sekolah dasar biasanya dimulai saat anak berusia 4 atau 5 tahun. Menurut preferensi orang tua, anak-anak sering berpartisipasi dalam kelas Junior Infant ketika mereka berusia 4 atau 5 tahun. Beberapa sekolah memiliki persyaratan usia minimum 4 tahun pada tanggal tertentu.

9. Inggris Raya
Populasi Inggris Raya adalah 68.497.907 orang, dengan tingkat melek huruf 49,40%. Pada tahun 2024, mereka menjadi negara dengan tingkat pendidikan tertinggi kesembilan di dunia. Pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan tinggi adalah empat divisi utama dari sistem pendidikan di Inggris Raya. Anak-anak di Inggris diharapkan untuk bersekolah di sekolah dasar dan menengah dari usia 5-16 tahun.

Inggris Raya dikenal memiliki populasi yang gemar membaca, dan negara ini merupakan rumah bagi universitas Oxford juga Cambridge yang telah berusia berabad-abad.

10. Australia
Australia berada di urutan terakhir dari sepuluh negara paling berpendidikan di dunia, dengan populasi 26.068.792 orang, dan tingkat melek huruf 49,30%. Di Australia, sekolah dasar berlangsung selama enam tahun (tahun 1-6), diikuti dengan sekolah menengah selama enam tahun (tahun 7-12).

Siswa biasanya memulai pendidikan dasar pada usia lima tahun, dan menyelesaikan sekolah menengah pada usia 17 atau 18 tahun. Tergantung pada negara bagian atau teritori dan tahun kelahiran, pendidikan wajib bagi semua anak berusia 4, 5, atau 6 tahun dan 15 tahun, 16 tahun, atau 17 tahun di Australia.

Hampir separuh warga Australia telah menyelesaikan sekolah menengah.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mumbai Salip Beijing Sebagai Ibu Kota Miliarder di Asia

EKONOMI & BISNIS

Mar 27 2024, 12.02

Hurun Global Rich List 2024 merupakan laporan tahunan yang mengurutkan miliarder dolar AS di dunia.


Generic placeholder image

Tur Eras Tingkatkan Penjualan di Sekitar Lokasi Acara

EKONOMI & BISNIS

Feb 12 2024, 08.39

Pengeluaran di restoran di sekitar stadion yang dia tampilkan melonjak rata-rata 68% per hari selama durasi turnya.


Generic placeholder image

Negara Bagian Ini Punya Peringkat Tertinggi Kasus Infeksi Menular Seksual

GAYA HIDUP

Feb 06 2024, 11.59

Setiap tahun juga diperkirakan terdapat 374 juta infeksi baru.


Copyright Katadata 2022