77% Pendengar Menyimak Podcast YOLO dari Awal Hingga Akhir, Ini Strateginya

blog_10

LAINNYA

May 03 2024, 13.37

Podcast YOLO (YOur Life with Ours) adalah podcast dengan persentase pendengar terbanyak yang menyimak dari awal hingga selesai tanpa putus. 77% pendengar podcast tersebut setia mendengarkan ocehan tiga host acara itu yaitu presenter Dave Hendrix, Direktur Bisnis MRA Media Iwet Ramadhan dan Pemimpin Redaksi Mother and Betond Novita Angie.

Ketiga host tersebut membeberkan strategi Podcast YOLO sehingga mayoritas pendengar rela menyimak ocehan mereka dari awal hingga akhir tanpa putus.

“Biasanya kalau orang dengar podcast itu kan terputus, di awal saja, di tengah atau di akhir. Kami kaget ketika tahu 77% pendengar podcast YOLO menyimak dari awal sampai akhir tanpa putus. Sebenarnya tidak ada strategi khusus, kami hanya menjadi diri kami sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya,” kata Iwet Ramadhan di acara Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Jumat (3/5/2024).

Iwet mengatakan, ketika pertama kali tayang, target audiens dari podcast YOLO adalah mereka yang berusia  30-35 tahun. Namun, ternyata target itu berubah. Karena, kata Iwet, yang banyak mendengarkan justru generazi Z yaitu di rentang usia 25-30 tahun.

Dave Hendrix mengungkapkan, Podcast YOLO sebenarnya hanya bercerita tentang suatu masalah dari sudut pandang para host. Jadi, yang dibahas lebih banyak tentang berbagi pengalaman.

“Saya itu orangnya tidak tahu banyak tapi mau tahu banyak. Di Podcast ini saya menjadi diri saya sendiri dan tidak menjadi seseorang yang tahu segalanya. Ternyata, Gen Z justru suka yang seperti itu. Mereka itu sebenarnya ingin mendengarkan pengalaman kami sebagai Gen Y dan mereka justru tidak mau kalau Gen Y atau milenial justru berubah menjadi Gen Z dan mengikuti gaya hidup mereka,” ujar Dave,

Kata Dave, Podcast YOLO memang belum masuk kategori Top of Mind. Karena memang tujuannya bukan untuk menjadi top of mind. Menurut Dave, podcast ini hanya ingin membahas sesuatu yang terkait dengan kehidupan pendengar dari sisi pengalaman para host.

Novita Angie mengaku takjub dengan respon Gen Z yang mau mendengarkan Podcast YOLO dari  awal hingga akhir. Padahal, tema yang dibahas terkadang terlalu ringan.

“Jadi anak saya itu kan Gen Z dan temannya bilang kalau Podcast YOLO itu seperti mendeengarkan orangtua mereka yang lagi bertamu ke rumah temannya. Mendengarkan obrolan orangtua mereka tentang berbagai macam hal itu ternyata seru juga. Bahkan ada yang bilang gini, terima kasih sudah jadi mentor kami,” jelas Novita.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

APMF 2024 Ajak Pengambil Keputusan untuk Tingkatkan Standar Dunia Industri di Indonesia

EKONOMI & BISNIS

May 04 2024, 07.40

Tema APMF 2024 yaitu Make Your Mark mengajak orang untuk berpikir panjang.


Generic placeholder image

Ini Alasan Merek Masih Perlu Agensi atau Media untuk Mempromosikan Produknya

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 12.52

Dua hal penting yang harus dimiliki agensi dan juga media dalam mempromosikan merek adalah kualitas dan originalitas.


Generic placeholder image

61% Pengguna TikTok Langsung Belanja saat Melihat Konten Komersial yang Menarik

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 08.15

Konsumen tidak terlalu peduli dengan siapa yang merekomendasikan tapi kepada informasi yang dikomunikasikan dalam konten itu.


Generic placeholder image

Cara BCA Membuat Nasabah Setia dan Memiliki Hubungan Emosional

EKONOMI & BISNIS

May 02 2024, 14.19

Selama ini BCA selalu menjadikan nasabah sebagai produk yang paling penting.


Generic placeholder image

AI Membantu Perusahaan untuk Tumbuh dan Berkembang

TEKNOLOGI DIGITAL

May 02 2024, 10.47

Manusia tidak harus menjadikan AI sebagai lawan atau kompetitor.


Copyright Katadata 2022