Lima Lokasi Berburu Sunrise Beserta Kuliner Lokal yang Lezat

blog_10

LAINNYA

May 29 2024, 11.17

Selain keindahan matahari terbenam, Indonesia juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Menariknya, setiap daerah di Indonesia menawarkan pengalaman berbeda saat menikmati indahnya matahari terbit. Oleh sebab itu, saat ini banyak wisatawan yang rela bangun sebelum fajar untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik, yang terkenal sebagai lokasi berburu sunrise yang indah.

Selain berburu sunrise atau matahari terbit, alangkah baiknya kalau sambil mencicipi kuliner lokal yang lezat, yang biasanya dijual di lokasi-lokasi wisata tersebut.

Melansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini lima lokasi berburu sunrise, beserta kuliner lokalnya yang lezat.

1. Puncak Suroloyo
Berbicara mengenai destinasi liburan di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Selain berwisata ke pusat kotanya dan pantai berpasir putih, para wisatawan juga bisa menyempatkan diri mengunjungi Puncak Suroloyo di Perbukitan Menoreh. Tempat wisata di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang mempesona. Meski harus berjalan melewati lebih dari 200 anak tangga, namun pemandangan indah di puncak tidak akan mengecewakan. Para wisatawan akan terkesima dengan pemandangan matahari terbit, dengan siluet Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan megahnya Candi Borobudur sebagai latar belakang.

Setelah puas menghirup udara segar sambil menikmati indahnya matahari terbit, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan untuk berburu kuliner. Kawasan Kulon Progo menawarkan kuliner yang melegenda, seperti sarapan dengan sego berkat, atau pun gaplek, cemilan tradisional khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung singkong yang dibumbui bawang putih dan garam.

2. Punthuk Setumbu

Terletak sekitar 40 menit dari Kota Magelang, Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata terbaik untuk berburu sunrise atau matahari terbit. Terletak tepat di Kecamatan Borobudur, Magelang, Punthuk Setumbu terkenal dengan indahnya pemandangan matahari terbit yang diapit Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika beruntung, para wisatawan juga bisa melihat siluet megah Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Setelah bertualang, para wisatawan bisa membeli makanan dan minuman di warung yang ada di tempat tersebut. Salah satu menu sarapan pagi di Magelang yang wajib dicoba adalah Sop Empal Muntilan yang populer dari Sop Empal Bu Haryoko. Kuahnya yang hangat dan segar, dengan irisan daging empal yang empuk menjadi pilihan sarapan yang sempurna.

3. Kebun Teh Cukul
Rekomendasi destinasi wisata berburu matahari terbit yang tak kalah indahnya adalah kebun teh di Sunrise Point Cukul, kawasan Kebun Teh Cukul, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Digembar-gemborkan sebagai salah satu spot matahari terbit terbaik, Kebun Teh Cukul memberikan pengalaman menikmati matahari terbit, kabut pagi, dan udara segar yang sejuk. Usai menikmati indahnya matahari terbit, para wisatawan bisa mulai berburu kuliner untuk sarapan pagi. Banyak makanan khas Jawa Barat seperti mi kocok, cuanki, batagor, dan nasi tutug oncom yang lezat untuk dicicipi, serta cocok untuk menu sarapan.

4. Pantai Waso
Masuk dalam daftar Destinasi Super Prioritas (DSP), Pantai Waso di Labuan Bajo punya lokasi berburu matahari terbit yang menarik untuk dijelajahi. Terletak di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Manggarai Barat, Pantai Waso mempunyai daya tarik yang tidak dimiliki pantai lain. Saat matahari terbit, para wisatawan akan menyaksikan indahnya pemandangan perbukitan yang mengelilingi pantai. Apalagi pantulan cahaya matahari telah menyinari bebatuan di tepi pantai, seolah memancarkan cahaya yang indah. Usai menenangkan diri menikmati sejuknya udara pantai, para wisatawan juga bisa menjelajahi kuliner khas Labuan Bajo seperti kuah asam, rumpu rampe, kolo, dan bose jagung.

5. To'Tombi Toraja
Lokasi berburu matahari terbit selanjutnya ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di To'Tombi Toraja, Desa Lolai, Benteng Mamullu, Kapalitu, Toraja Utara. Tak kalah menawan dengan spot lainnya, destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan panorama matahari terbit yang eksotis dari ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Perpaduan sinar matahari berwarna jingga dengan awan putih, dipastikan mampu membuat para wisatawan serasa melihat matahari terbit di atas awan. 

Usai menikmati matahari terbit, para wisatawan dapat melanjutkan perjalanan untuk berburu kuliner khas Sulawesi Selatan. Mulai dari coto makassar, pallubasa, kapurung, palumara, dan nasu likku yang kerap menjadi menu sarapan masyarakat setempat.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Libur Cuti Bersama Waisak 2024

GAYA HIDUP

May 14 2024, 13.51

Jika Anda menjadi salah satu orang yang mengambil cuti, tidak ada salahnya jika manfaatkan libur long weekend ini.


Generic placeholder image

Empat Pulau Terbaik di Indonesia untuk Tempat Wisata

GAYA HIDUP

Mar 01 2024, 13.09

Keindahan pulau-pulau di Indonesia itu terlukis pada empat pulau yang berpredikat terbaik.


Generic placeholder image

Istanbul Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Dunia Pada 2023

GAYA HIDUP

Feb 13 2024, 11.53

Menurut National Geographic, waktu terbaik mengunjungi Istanbul adalah pada musim semi.


Generic placeholder image

Gelar Paspor Paling Kuat di Dunia Diraih oleh Enam Negara Ini

EKONOMI & BISNIS

Jan 11 2024, 12.45

Empat negara Uni Eropa dan dua negara Asia mempunyai paspor paling kuat di dunia.


Generic placeholder image

Kuliner Pulau Jawa, Nomor 3 Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

GAYA HIDUP

Dec 21 2023, 16.18

TasteAtlas memberikan rating 4,51 untuk kuliner di Pulau Jawa.


Copyright Katadata 2022