10 Perusahaan Gim Lokal Ikut di Gamescomm 2024 di Jerman

blog_10

LAINNYA

Aug 13 2024, 05.42

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Asosiasi Gim Indonesia endukung pengembang gim lokal untuk berpartisipasi dalam pameran gim terbesar dunia "Gamescom 2024" yang akan berlangsung di Koln, Jerman, pada 21 hingga 25 Agustus 2024. 

"Ini adalah event gim di mana sellers meet buyers dan konsumen juga bertemu langsung dengan seller, sehingga diharapkan akan terjadi transaksi," kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya dikutip dari laman Kemenparekraf. 

Sebagai salah satu event gim bisnis (B2B) dan konsumen (B2C) dunia, Gamescom pertama kali diadakan pada 2009 dan selalu masuk ke dalam kalender event yang diikuti oleh developer dan publisher gim tingkat dunia setiap tahunnya.

Tahun ini ada 10 perusahaan gim lokal yang telah terkurasi yakni Agate, Berangin Creative, Fat Raccoon Games, Frame Rats Digital, Gambir Studio, Gingersun, Glory Jam, Klapanom, Niji Games, dan Plexus Studio & Oray Studio. 

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, mengatakan partisipasi 10 pengembang gim Indonesia di Gamescom 2024 merupakan hasil kolaborasi yang apik dari seluruh pihak termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kita ingin Indonesia tidak hanya sebagai market, tapi harus menjadi pelaku. Kita juga berharap ke depan sinergi antara pelaku gim dan pemerintah akan semakin kuat sehingga di tahun depan bisa lebih banyak (pengembang gim lokal) yang bisa berpartisipasi," ujar Made. 

Potensi dan kualitas gim-gim lokal saat ini sudah tidak perlu diragukan. Made menjelaskan, di platform distribusi gim Steam Asia tahun 2024, terdapat 256 gim hasil karya pengembang gim lokal.  

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Merry Maryati, mengatakan dalam mendukung pengembangan gim lokal, Kementerian Perdagangan memiliki berbagai program. Pertama, secara rutin menyelenggarakan pertemuan dan diskusi dengan pengembang gim juga studio lokal yang sudah memiliki kompetensi di pasar global. 

"Mereka akan sharing pengalaman dan kami menggelar acara di kota-kota yang pengembang gimnya lumayan banyak seperti di Pulau Jawa termasuk Bandung, Yogyakarta, Malang, Banten, dan kota lainnya. Topik yang diangkat juga beragam seperti tentang cara mencari publisher yang baik, pengembangan IP (Intellectual Property), sampai cara mencari pembiayaan sampai dengan pemasaran supaya mereka siap masuk ke pasar global," ujar Merry.  

Selain itu, ujar Merry, Kementerian Perdagangan melakukan pendukungan bagi pengembang gim lokal untuk berpartisipasi di event internasional, seperti di Gamescom 2024 yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022