Promosi Produk UMKM Lokal ke Pasar Global di Ajang Cerita Nusantara 2024

blog_10

LAINNYA

Sep 28 2024, 11.37

Ajang Cerita Nusantara 2024 diharapkan menjadi momentum penting untuk memperkuat posisi produk UMKM Indonesia di pasar global. Hal tersebut disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat membuka acara Cerita Nusantara 2024: Dari Indonesia Untuk Dunia.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda internasional berkelanjutan, sebagai ajang bagi pembeli lokal dan internasional untuk melihat kualitas produk UMKM Indonesia,” ujar Teten dikutip dari laman InfoPublik.

Teten menegaskan, pemerintah berkomitmen memastikan produk lokal tidak hanya dikenal, tetapi juga diminati di pasar global. Hal ini dicapai melalui peningkatan kualitas, inovasi berkelanjutan, serta dukungan ekosistem yang kuat.

Teten juga optimis produk Indonesia dapat menjadi bagian integral dari rantai pasok global. 

“Cerita Nusantara 2024 adalah platform penting untuk membuktikan kepada dunia bahwa produk inovatif dari Indonesia memiliki daya saing tinggi,” ungkap Teten.

Untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara maju pada 2045, Teten menyebutkan bahwa target rasio kewirausahaan harus mencapai delapan persen. Dengan pendekatan yang tepat, ia yakin target tersebut bisa dicapai.

Kementerian Koperasi dan UKM terus mendukung pengrajin lokal, desainer, dan wirausaha lainnya dengan menyediakan akses ke pasar, teknologi, serta sumber daya yang mereka butuhkan. 

“Intervensi teknologi produksi modern dan digitalisasi adalah kunci meningkatkan kualitas produk UMKM hingga berskala dunia,” kata Teten.

Digitalisasi bukan hanya soal akses pasar, tapi juga penggunaan teknologi seperti smart factory dan Internet of Things (IoT) dalam proses produksi. Cerita Nusantara 2024 diharapkan mampu menjadi platform bagi UMKM untuk menunjukkan potensi besar mereka di pasar internasional.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022