Kisah Klasik di Konser Sheila on 7 untuk Masa Depan

blog_10

LAINNYA

Sep 29 2024, 09.10

Ada kejadian unik saat konser Sheila on 7 Tunggu Aku di Bandung digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2024) malam. Ketika gitaris Sheila on 7 Eros tengah memainkan nada lagu Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki, tiba-tiba-tiba layar lebar yang ada di sisi kanan dan kiri panggung memperlihatkan seorang penonton pria tengah berjongkok sambil menyerahkan kotak cincin kepada pasangannya.

Sang pria rupanya tengah melamar pujaan hatinya di tengah-tengah konser Tunggu Aku di Bandung. Lalu tak lama berselang, penonton pria tersebut memasangkan cincin di jari manis kekasihnya. Puluhan ribu penonton menyambut proses lamaran tersebut dengan teriakan histeris.

Vokalis Sheila on 7 Duta tidak lupa menyampaikan kata selamat kepada penonton pria tersebut.

“Selamat yah Mas, keterlaluan kalau tadi sampai ditolak lamarannya,” seloroh Duta.
Aura cinta memang menyelimuti konser Tunggu Aku di Bandung sejak Good Morning Everyone membuka konser pamungkas Sheila on 7 di Stadion Si Jalak Harupat. Lima lagu tentang cinta dilantunkan grup musik asal Semarang tersebut untuk menghibur sekitar 30 ribu penonton.

Hujan gerimis yang sempat membasuhi Bumi Pasundan tidak menyurutkan antusiasme Sheila Gank, terutama mereka yang ada di depan panggung. Mereka sudah menyiapkan jas hujan sejak masuk ke stadion. Ini yang membuat mereka bergeming dan tidak  memedulikan gerimis membasahi jas hujannya.

Para Sheila Gank langsung histeris ketika intro Pagi yang Menakjubkan mengumandang. Tirai putih yang menutupi panggung langsung terbuka dan Duta, Eros, Adam serta sejumlah personel lainnya langsung melantunkan lagu yang diambil dari album Kisah Klasik untuk Masa Depan.

Grup musik asal Yogyakarta ini memulai rangkaian konser  pamungkas dengan lagu berirama cepat yaitu Jadikan Aku Pacarmu dan Film Favorit. Paduan suara penonton mulai mengumandang saat Duta membawakan lagu Bila Kau Tak Disampingku, sebuah lagu yang bercerita tentang penyesalan seorang pria yang telah melukai hati kekasihnya.

Grup yang pertama kali dibentuk pada 1996 ini mulai naik daun saat meluncurkan album dengan judul Sheila on 7 pada 1999. Ada empat lagu hits dari album tersebut yang dibawakan di konser Tunggu Aku di Bandung yaitu Dan, Kita, Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki dan J.A.P (Jadikan Aku Pacarmu).

Hampir tiga dekade berkiprah di dunia musik, Sheila Gank tidak hanya ada di kota-kota di Indonesia tetapi juga hingga ke negeri jiran. Duta juga sempat mengucapkan terima kasih kepada Sheila Gank dari Malaysia dan Singapura yang hadir di Si Jalak Harupat.

Konser Tunggu Aku di Bandung sempat dua kali pindah lokasi. Pertama Stadion Siliwangi lalu berubah ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api sebelum akhirnya berlabuh di Stadion Si Jalak Harupat.

Tata panggung di lokasi juga dibuat sangat nyaman sehingga penonton yang ada di tribun bagian belakang masih tetap bisa melihat aksi Duta dkk dengan jelas. Di sisi kanan dan kiri panggung disiapkan masing-masing dua layar TV raksasa. Lalu di belakang FOH yang tepatnya di tengah-tengah penonton festival di depan panggung, juga ada satu layar TV jumbo.

Penata acara juga menyiapkan kembang api serta confetti yang antara lain bertuliskan Sheila Gank selamanya juga menjadi hiburan tersendiri. Para Sheila Gank bukan hanya histeris melihat aksi Duta di atas panggung yang enerjik tetapi juga sang gitaris Eros yang kerap memamerkan kelihaiannya memetik dawai gitar. Salah satu aksinya yang membuat penonton histeris yaitu ketika Eros yang membelakangi penonton memainkan dawai gitar dengan posisi gitar di belakang kepala.

Fanatisme Sheila Gank tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua lirik lagu Sheila on 7 hapal di luar kepala. Tidak heran apabila paduan suara berkumandang sejak lagu pertama Pagi yang Menakjubkan hingga lagu pamungkas Tunggu Aku Di Jakarta.

Selama 2,5 jam, Duta, Eros, Adam dan sejumlah personel lainnya menghibur 30 ribu Sheila Gank yang memadati Stadion Si Jalak Harupat. Total ada 23 lagu yang dibawakan Duta. Namun, tetap saja masih ada sejumlah lagu hits mereka yang terlewat untuk ditampilkan seperti Berhenti Berharap dari soundtrack film 30 Hari Mencari Cinta dan Buat Aku Tersenyum.

2,5 jam tentu tidak cukup untuk menghibur penonton dengan semua lagu hits Sheila on 7. Namun, bagi penonton yang melamar pujaan hatinya di kelas festival di samping FOH , konser Tunggu Aku di Bandung akan menjadi kisah klasik di konser Sheila on 7 untuk masa depan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Sheila On 7 Akhiri Tur 'Tunggu Aku Di' dengan Konser Spektakuler di Bandung

LAINNYA

Sep 29 2024, 13.02

CEO Antara Suara, menyampaikan bahwa ‘Tunggu Aku Di’ Bandung menjadi konser penutup yang istimewa yang dipersiapkan dengan sepenuh hati.


Generic placeholder image

Cerita Para Gen Z Nonton Konser Sheila on 7

LAINNYA

Sep 29 2024, 10.55

Lagu-lagu Sheila on 7 ternyata juga bisa diterima di hampir semua kalangan, mulai dari Gen Z (kelahiran 1965-1980) hingga ke Gen Z atau mereka yang lahir antara 1997 hingga 2012.


Generic placeholder image

Konser Pamungkas Sheila on 7 di Bandung Disaksikan 30 Ribu Penonton

LAINNYA

Sep 29 2024, 02.37

Selama 25 tahun berkiprah di industri musik nasional, Duta, Eros dan Adam sudah menghasilkan banyak hits seperti Dan, Kita, Sephia, Kisah Klasik untuk Masa Depan hingga Melompat Lebih Tinggi.


Generic placeholder image

Shuttle Bus Gratis Siap Antar Jemput Penonton Konser Sheila On 7 di Bandung

LAINNYA

Sep 23 2024, 23.14

Shuttle bus akan berangkat dari dua titik pick-up utama, yaitu Laswi Heritage (Jl. Sukabumi) dan Perum DAMRI Bandung (Jl. Soekarno Hatta).


Generic placeholder image

Konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Bandung” Pindah Lokasi ke Stadion Si Jalak Harupat

LAINNYA

Sep 23 2024, 22.50

Keputusan ini terpaksa diambil akibat kendala teknis terkait infrastruktur di GBLA yang belum siap digunakan oleh masyarakat.


Copyright Katadata 2022