Akibat Kesalahan Robot Bedah, Nyawa Pasien Melayang

blog_10

LAINNYA

Feb 13 2024, 07.01

Produsen alat Kesehatan Intuitive Surgical (IS) digugat ke pengadilan karena dianggap  telah menyebabkan kematian salah satu pasien kanker usus besar. Ini terjadi ketika Rumah Sakit Regional Baptis Health Boca Raton di Florida, Amerika Serikat menggunakan robot bedah produksi IS.

Peristiwa ini terjadi pada September 2021, ketika Sandra Sultzer menjalani operasi untuk mengobati kanker usus besar yang dideritanya dengan menggunakan robot da Vinci, perangkat multi-senjata yang dikendalikan dari jarak jauh.

Dilansir dari laman New York Post, robot bedah ini diklaim bisa melakukan operasi secara presisi di luar batas tangan manusia. Karena produk ini dirancang untuk memberikan ketangkasan alami kepada ahli bedah saat melakukan operasi melalui sayatan kecil yang memungkinkan prosedur invasif minimal.

Namun, alat tersebut membuat lubang di usus kecilnya, yang mengharuskan Sandra menjalani intervensi medis tambahan. Setelah prosedur tersebut, Sandra terus menderita sakit perut dan mengalami demam hingga meninggal pada Februari 2022 sebagai akibat langsung dan langsung dari cedera yang dideritanya.

Gugatan yang dilakukan Harvey Sultzer, suami Sandra, menuduh IS mengetahui bahwa robot tersebut memiliki masalah isolasi yang dapat menyebabkan perangkat membakar organ dalam. Namun, IS tidak mengungkapkan risiko tersebut kepada keluarga Sultzer atau publik. 

Harvey mengklaim IS telah menerima ribuan laporan tentang cedera dan cacat terkait dengan robot bedah, tetapi tidak melaporkan cedera tersebut kepada Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022