Jurus Ampuh Terhindar Dari Penipuan Lowongan Kerja

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 12 2023, 06.33

Banyaknya orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, membuat munculnya orang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan kondisi tersebut untuk melancarkan modus penipuan. Banyak korban yang tertipu dan mau membayar karena diiming-imingi pekerjaan yang baik. Padahal, lowongan kerja yang dibuka hanyalah kedok untuk mendapat keuntungan pribadi. 

Fresh graduate atau lulusan baru perlu berhati-hati dengan jenis rekrutmen tersebut. Jangan mudah percaya dengan iming-iming bekerja dengan gaji besar, tapi proses penerimaan kerja sangatlah mudah. 

Dilansir dari media sosial Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, berikut jurus ampuh terhindar dari penipuan lowongan kerja. 

1. Riset
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah riset. Periksa situs web resmi mereka, cek reputasi perusahaan melalui media sosial, dan cari informasi tentang perusahaan tersebut dari orang-orang yang sudah pernah bekerja di sana.

2. Jangan memberikan informasi pribadi yang sensitif
Pastikan Anda sudah diterima dahulu sebelum memberikan informasi sensitif kepada perusahaan, seperti nomor rekening bank, nomor KTP, atau nomor kartu kredit.

3. Jangan membayar uang untuk proses penerimaan/aplikasi kerja
Tujuan lowongan kerja abal-abal adalah untuk mendapat uang. Maka dari itu, kalau Anda sudah dimintai transfer sejumlah uang sudah pasti itu penipuan. Biasanya, penipu mengatakan uang tersebut digunakan untuk biaya administrasi, uang muka, psikotes dan biaya lainnya. 
 
Perlu diketahui, Pasal 35 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 perusahaan diwajibkan untuk melindungi pencari kerja sejak masa perekrutan sampai penempatan. Karena itu, jika ada yang meminta sejumlah uang jangan sampai diberikan ya. 

4. Hubungi perusahaan
Anda bisa konfirmasi dengan mencari informasi kontak resmi perusahaan dan membandingkannya dengan informasi yang diberikan.

5. Waspada penawaran kerja yang terdengar terlalu bagus
Jika terdapat janji gaji yang sangat tinggi tau tawaran kerja yang terlalu mudah dan tidak masuk akal, sebaiknya waspada dan lakukan pengecekan lebih lanjut terlebih dahulu.

Ingat, jangan terkecoh dengan janji-janji palsu, apalagi lowongan kerja palsu ya. Setelah mengetahui ciri-ciri lowongan kerja palsu, diharapkan tidak lagi yang terjebak dengan penipuan tersebut. 

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ada 110 Ribu Lowongan Pekerjaan di Naker Fest 2024

LAINNYA

Aug 19 2024, 08.17

Naker Fest 2024 bertujuan untuk menjadi platform bagi perusahaan dan pencari kerja untuk bertemu dan berinteraksi langsung.


Generic placeholder image

Ini Alasan Sebaiknya Jangan Merahasiakan Password Apa Pun dari Keluarga

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 08 2024, 19.17

Password atau kata sandi tersebut tidak harus selalu dirahasiakan dari semua orang, terutama keluarga


Generic placeholder image

Program K3 Nasional dan Budaya K3 Penting untuk Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

LAINNYA

Apr 25 2024, 14.06

Perubahan iklim tidak berdiri sendiri dan bisa memengaruhi pekerja dan juga bisnis.


Generic placeholder image

Lima Pekerjaan Ini Akan Banyak Dicari di 2024

EKONOMI & BISNIS

Feb 26 2024, 06.45

Memahami posisi atau keahlian apa yang sedang paling banyak dibutuhkan di masa sekarang akan membantu Anda untuk bersiap-siap.


Generic placeholder image

Kesalahan Ini yang Kerap Dimasukkan ke Resume Pekerjaan

EKONOMI & BISNIS

Feb 02 2024, 14.31

Hal lain yang harus dihindari adalah mencantumkan baris yang menyatakan peran apa yang Anda lamar.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022