Empat Aplikasi Pemandu Wisata di Indonesia yang Wajib Diunduh

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 09 2024, 12.16

Seiring berjalannya waktu, berbagai aplikasi semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi sebagai pemandu wisata atau perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia.

Aplikasi yang merupakan pemandu wisata itu bermanfaat bagi wisatawan yang baru pertama kali berlibur, atau melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia. 

Dengan aplikasi ini, para wisatawan akan terbantu untuk menentukan tempat wisata apa saja yang akan dituju, mendapatkan informasi tempat wisata yang dibutuhkan, menemukan jasa pemandu wisata dan sarana transportasi menuju tempat wisata  dengan tepat.

Melansir laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini rekomendasi empat aplikasi pemandu wisata terpercaya yang wajib diunduh di smartphone saat berlibur.

1. Wisata Alam Indonesia

Rekomendasi pertama untuk aplikasi yang dapat dipercaya sebagai rekomendasi perjalanan adalah Wisata Alam Indonesia. 

Diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), aplikasi panduan wisata ini bertujuan untuk mengembangkan, dan mengedepankan konsep ekowisata.

Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play Store ini menawarkan banyak fitur, mulai dari peta wisata alam dan informasi tempat wisata, hingga panduan dan etika beraktivitas di alam. 

Menariknya, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan pengetahuan tentang taman nasional, dan taman wisata alam yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Atourin

Dirilis pada 2019, Atourin menawarkan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin berlibur dengan nyaman dan praktis. 

Saat ini, diperkirakan aplikasi Atourin telah mencakup 200 daerah (kota atau kabupaten) di seluruh Indonesia, dengan total lebih dari 3.000 atraksi, 600 itinerary, 200 pemandu wisata, 40 desa wisata, dan 250 produk lokal yang tersedia.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Atourin juga sangat lengkap, mulai dari menghitung jarak dan waktu tempuh berdasarkan Google Maps, hingga menyediakan itinerary dengan beberapa destinasi yang direkomendasikan.

Tidak hanya untuk wisatawan, aplikasi Atourin juga memiliki fasilitas pelatihan dan bantuan pengembangan skill untuk semua pelaku pariwisata. Dengan begitu, aplikasi ini bisa menjadi "bekal belajar" yang sangat baik dalam promosi kualitas pariwisata Indonesia.

3. Tlusure

Berikutnya adalah Tlusure, sebuah aplikasi pemandu wisata atau perjalanan, yang akan membantu pengguna melakukan berbagai aktivitas liburan yang seru. Hal ini dikarenakan aplikasi Tlusure bekerja sama dengan para host yang terpercaya, untuk memenuhi segala aktivitas liburan.

Keunggulan dari aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store dan App Store ini adalah fitur "Personalisasi Aktivitas Sesuai Mood". Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi aktivitas sesuai suasana hati para wisatawan kapanpun dan dimanapun.

Aplikasi panduan perjalanan yang telah diunduh lebih dari 10.000 kali ini juga memiliki beberapa fitur unggulan lainnya, mulai dari pencarian berdasarkan "Ramai", "Lenggang", dan "Bersertifikat CHSE", serta rekomendasi berdasarkan "Lokasi (Terdekat)" dan "Popularitas".

4. Perjalanan ke Jawa Timur

Jika para wisatawan merencanakan perjalanan ke Jawa Timur, disarankan untuk mengunduh aplikasi East Java Trip di smartphone, karena aplikasi ini menyajikan berbagai informasi terkait budaya, kuliner, dan tempat wisata di Jawa Timur.

Resmi dirilis pada 2013, aplikasi East Java Trip memiliki foto dan deskripsi dari setiap destinasi, kuliner, dan objek wisata yang ada di Jawa Timur. Dengan begitu, para wisatawan tidak perlu lagi bingung saat berlibur ke Jawa Timur. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa diunduh dari Google Play Store.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tarik Investor, Pemerintah Bentuk Indeks Khusus Emiten Parekraf

EKONOMI & BISNIS

Jul 17 2024, 10.27

Potensi dari emiten yang bergerak pada industri film sangat besar.


Generic placeholder image

Pelabuhan Perikanan di Jembrana Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

EKONOMI & BISNIS

Jul 15 2024, 07.01

Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata seperti negara-negara tetangga yang sukses memperkenalkan wisata bahari.


Generic placeholder image

Standar Protokol Keamanan di Labuan Bajo Diperkuat

LAINNYA

Jun 03 2024, 06.40

Kemenparekraf dan Basarnas melakukan simulasi penyelamatan korban kapal tenggelam.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022