ChatGPT Kini Dapat Diakses Tanpa Pengguna Daftarkan Akun

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 14.25

Penggunaan chatbot Artificial Intelligence (AI) ChatGPT kini semakin mudah. OpenAI misalnya, kini mempermudah pengguna untuk merasakan manfaat AI tanpa perlu mendaftar akun, alias gratis. 

Dilansir dari blog resmi OpenAI, inti dari upaya mereka ini adalah untuk menyediakan alat seperti ChatGPT secara luas sehingga orang dapat merasakan manfaat AI, mengingat saat ini lebih dari 100 juta orang di 185 negara menggunakan ChatGPT setiap minggunya untuk mempelajari sesuatu yang baru, menemukan inspirasi kreatif dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. 

“Mulai hari ini, Anda dapat menggunakan ChatGPT secara instan, tanpa perlu mendaftar. Kami meluncurkannya secara bertahap, dengan tujuan agar AI dapat diakses oleh siapa saja yang penasaran dengan kemampuannya,” ujar mereka, dikutip pada Selasa (2/4/24).

Mereka menjelaskan, pengguna yang ingin mencoba akses ChatGPT tanpa akun, bisa langsung mengunjungi situs chat.openai.com. Lalu, pengguna akan langusung mendapat kolom chat untuk mengobrol dengan ChatGPT sepuasnya. 

Selain itu, pengguna juga akan diberikan opsi agar obrolan dengan ChatGPT tidak digunakan untuk melatih chatbot tersebut. Caranya adalah dengan mengklik ikon tanda tanya di kecil di sisi kanan bawah, kemudian klik Pengaturan (Settings) untuk menonaktifkan izin.

“Kami dapat menggunakan apa yang Anda berikan ke ChatGPT untuk meningkatkan model kami bagi semua orang. Jika mau, Anda dapat menonaktifkannya melalui Pengaturan - baik Anda membuat akun atau tidak. Pelajari lebih lanjut tentang cara kami menggunakan konten untuk melatih model kami dan pilihan Anda di Pusat Bantuan kami,” kata mereka. 

OpenAI mengklaim pihaknya telah mempertimbangkan mekanisme pendeteksi dan menyetop penyalahgunaan akses ChatGPT tanpa akun. 

Namun, meski OpenAI dapat diakses tanpa akun, pihaknya merekomendasi sebaiknya pengguna tetap mendaftarkan diri karena ada banyak manfaatnya, termasuk kemampuan untuk menyimpan dan meninjau riwayat obrolan, berbagi obrolan, dan membuka fitur tambahan seperti percakapan suara dan instruksi khusus.

“Bagi siapa pun yang penasaran dengan potensi AI tetapi tidak ingin melalui langkah-langkah menyiapkan akun, mulailah menggunakan ChatGPT sekarang,” jelas mereka.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

OpenAI Klaim SearchGPT Membuat Pencarian di Web Lebih Cepat

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 23.11

SearchGPT akan menyaingi Google Search.


Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Be My Eyes, AI yang Membuat Hidup Penyandang Tuna Netra Lebih Mudah

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.33

Be My Eyes bermitra dengan OpenAI tahun lalu untuk memungkinkan model AI-nya melihat dan mendeskripsikan apa yang ada di depan pengguna.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Event Akan Datang

View all events

 Aug 07 2024, 00.00

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022