ChatGPT Kini Dapat Diakses Tanpa Pengguna Daftarkan Akun

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 14.25

Penggunaan chatbot Artificial Intelligence (AI) ChatGPT kini semakin mudah. OpenAI misalnya, kini mempermudah pengguna untuk merasakan manfaat AI tanpa perlu mendaftar akun, alias gratis. 

Dilansir dari blog resmi OpenAI, inti dari upaya mereka ini adalah untuk menyediakan alat seperti ChatGPT secara luas sehingga orang dapat merasakan manfaat AI, mengingat saat ini lebih dari 100 juta orang di 185 negara menggunakan ChatGPT setiap minggunya untuk mempelajari sesuatu yang baru, menemukan inspirasi kreatif dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. 

“Mulai hari ini, Anda dapat menggunakan ChatGPT secara instan, tanpa perlu mendaftar. Kami meluncurkannya secara bertahap, dengan tujuan agar AI dapat diakses oleh siapa saja yang penasaran dengan kemampuannya,” ujar mereka, dikutip pada Selasa (2/4/24).

Mereka menjelaskan, pengguna yang ingin mencoba akses ChatGPT tanpa akun, bisa langsung mengunjungi situs chat.openai.com. Lalu, pengguna akan langusung mendapat kolom chat untuk mengobrol dengan ChatGPT sepuasnya. 

Selain itu, pengguna juga akan diberikan opsi agar obrolan dengan ChatGPT tidak digunakan untuk melatih chatbot tersebut. Caranya adalah dengan mengklik ikon tanda tanya di kecil di sisi kanan bawah, kemudian klik Pengaturan (Settings) untuk menonaktifkan izin.

“Kami dapat menggunakan apa yang Anda berikan ke ChatGPT untuk meningkatkan model kami bagi semua orang. Jika mau, Anda dapat menonaktifkannya melalui Pengaturan - baik Anda membuat akun atau tidak. Pelajari lebih lanjut tentang cara kami menggunakan konten untuk melatih model kami dan pilihan Anda di Pusat Bantuan kami,” kata mereka. 

OpenAI mengklaim pihaknya telah mempertimbangkan mekanisme pendeteksi dan menyetop penyalahgunaan akses ChatGPT tanpa akun. 

Namun, meski OpenAI dapat diakses tanpa akun, pihaknya merekomendasi sebaiknya pengguna tetap mendaftarkan diri karena ada banyak manfaatnya, termasuk kemampuan untuk menyimpan dan meninjau riwayat obrolan, berbagi obrolan, dan membuka fitur tambahan seperti percakapan suara dan instruksi khusus.

“Bagi siapa pun yang penasaran dengan potensi AI tetapi tidak ingin melalui langkah-langkah menyiapkan akun, mulailah menggunakan ChatGPT sekarang,” jelas mereka.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Sepuluh Bahaya Bermain Game Online yang Wajib Diketahui

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 19 2024, 15.18

Ada bahaya dari game online, termasuk virus, pencurian identitas, dan serangan phishing.


Generic placeholder image

52% Orang Amerika Merasa Khawatir Terhadap Kemajuan AI

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 18 2024, 08.45

AI telah melampaui kinerja manusia pada beberapa tolok ukur, termasuk beberapa dalam klasifikasi gambar, penalaran visual, dan pemahaman bahasa Inggris.


Generic placeholder image

Meta akan Luncurkan Fitur Perlindungan untuk Cegah Pemerasan Seksual

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 17 2024, 14.51

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa penipu pemerasan seksual sering menggunakan pesan pribadi untuk membagikan, atau meminta gambar intim.


Generic placeholder image

Robot dan AI Akan Gantikan Pekerjaan Manusia Hanya Mitos

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 14.12

Teknologi baru mengarah pada penciptaan kategori pekerjaan yang sama sekali baru.


Generic placeholder image

Korea Selatan Investasi Rp110 Triliun di Sektor Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 10 2024, 22.31

Korea Selatan ingin menjadi salah satu dari tiga negara teratas dalam teknologi AI termasuk chip.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 28 2024, 00.00

Related Events

 Mar 08 2022, 00.00

 Jun 28 2022, 00.00

 Aug 24 2022, 00.00

Copyright Katadata 2022