GPT-4o, Model Terbaru ChatGPT yang Jauh Lebih Pintar

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 14 2024, 06.38

ChatGPT akan menjadi jauh lebih mudah digunakan dan lebih pintar. OpenAI baru saja merilis model terbaru ChatGPT yaitu GPT-4o yang merupakan pembaruan dari model GPT-4.

Model ini akan tersedia untuk pelanggan yang tidak berbayar. Ini artinya siapa pun akan memiliki akses ke teknologi tercanggih OpenAI melalui ChatGPT. Berdasarkan demonstrasi yang dilakukan OpenAI, GPT-4o akan secara efektif mengubah ChatGPT menjadi asisten pribadi digital yang dapat terlibat dalam percakapan lisan secara real-time. 

GPT-4o juga akan dapat berinteraksi menggunakan teks dan penglihatan yang berarti dapat melihat tangkapan layar, foto, dokumen, atau bagan yang diunggah oleh pengguna dan melakukan percakapan tentangnya.

Chief Technology Officer OpenAI Mira Murati mengatakan, versi terbaru dari ChatGPT ini juga akan memiliki kemampuan memori, yang berarti dapat belajar dari percakapan sebelumnya dengan pengguna dan dapat melakukan penerjemahan secara real-time.

“Ini adalah pertama kalinya kami benar-benar membuat langkah besar ke depan dalam hal kemudahan penggunaan. Interaksi ini menjadi jauh lebih alami dan jauh lebih mudah,” kata Murati dilansir dari laman CNN.

Murati mengatakan, OpenAI akan meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT dengan kemampuan GPT-4o, memberikan pengguna platform lain untuk berinteraksi dengan teknologi perusahaan. 

GPT-4o juga akan tersedia bagi para pengembang yang ingin membuat chatbot khusus mereka sendiri dari toko GPT OpenAI, sebuah fitur yang sekarang juga akan tersedia bagi pengguna yang tidak membayar.

Rilis GPT terbaru ini akan menjadi keuntungan bagi Microsoft, yang telah menginvestasikan miliaran dolar ke OpenAI untuk menanamkan teknologi AI-nya ke dalam produk Microsoft sendiri.

Para eksekutif OpenAI mendemonstrasikan percakapan lisan dengan ChatGPT untuk mendapatkan instruksi waktu nyata dalam memecahkan masalah matematika, menceritakan dongeng sebelum tidur, dan mendapatkan saran pengkodean. 

ChatGPT dapat berbicara dengan suara alami yang terdengar seperti suara manusia, dan juga suara robot dan bahkan menyanyikan bagian dari satu tanggapan. Alat ini juga dapat melihat gambar grafik dan mendiskusikannya.

Mereka juga menunjukkan model yang mendeteksi emosi pengguna. Contohnya, alat ini mendengarkan napas seorang eksekutif dan mendorongnya untuk tenang.

ChatGPT juga dapat melakukan percakapan dalam berbagai bahasa dengan menerjemahkan dan merespons secara otomatis. Alat ini sekarang mendukung lebih dari 50 bahasa.

“Mode suara (dan video) yang baru adalah antarmuka komputer terbaik yang pernah saya gunakan. Rasanya seperti AI dari film; dan masih agak mengejutkan bagi saya bahwa ini nyata. Mencapai waktu respons dan ekspresifitas setingkat manusia ternyata merupakan perubahan besar,” kata CEO OpenAI, Sam Altman.

Pengguna ChatGPT gratis akan memiliki sejumlah interaksi terbatas dengan model GPT-4o yang baru sebelum alat ini secara otomatis kembali menggunakan model GPT-3.5 yang lama. Pengguna berbayar akan memiliki akses ke lebih banyak pesan dengan model terbaru. OpenAI mengatakan, lebih dari 100 juta orang telah menggunakan ChatGPT. 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan.


Generic placeholder image

Gemini 1,5 Flash, AI Terbaru dari Google yang Paling Ringan dan Efisien

TEKNOLOGI DIGITAL

May 15 2024, 10.02

Google langsung merespon peluncuran GPT-4o dari OpenAI.


Generic placeholder image

ChatGPT Kini Dapat Diakses Tanpa Pengguna Daftarkan Akun

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 14.25

Inti dari upaya mereka ini adalah untuk menyediakan alat seperti ChatGPT secara luas.


Generic placeholder image

Voice Engine, AI yang Bisa Tiru Suara Manusia dengan Akurasi Nyaris Sempurna

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 05.54

Voice Engine dapat menggunakan sampel suara dalam satu bahasa untuk membuat suara replika yang dapat berbicara dalam berbagai bahasa lain.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022