Gemini 1,5 Flash, AI Terbaru dari Google yang Paling Ringan dan Efisien

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 15 2024, 10.02

Tidak lama setelah OpenAI meluncurkan GPT-4o yang merupakan model terbaru dari ChatGPT-4 Turbo, Google langsung gerak cepat. Dalam konferensi tahunan, Google meluncurkan model kecerdasan buatan yang paling ringan dan efisien yaitu Gemini 1,5 Flash.

Google mengatakan model baru ini dapat dengan cepat meringkas percakapan, memberi keterangan pada gambar dan video, serta mengekstrak data dari dokumen dan tabel yang besar.

“Kami mendengar dari para pengembang bahwa mereka menginginkan sesuatu yang lebih cepat dan bahkan lebih hemat biaya,” kata Demis Hassabis, CEO Google DeepMind, dilansir dari laman CNBC.

Peluncuran ini dilakukan ketika perusahaan teknologi semakin memfokuskan kembali pengembangan dan peluncuran produk mereka di sekitar AI generatif, yang sangat penting bagi Google. Alat baru ini memberikan cara yang lebih canggih dan kreatif kepada konsumen untuk mengakses informasi online dibandingkan dengan pencarian web tradisional.

Beberapa hari lalu, OpenAI meluncurkan model AI baru dan versi desktop ChatGPT, bersama dengan antarmuka pengguna yang baru. Model baru ini, yang disebut GPT-4o, dua kali lebih cepat dari GPT-4 Turbo dan setengah dari biayanya.

Google belum lama ini mengumumkan model Gemini 1.5 Pro yang lebih baik, yang dapat memahami beberapa dokumen besar total 1.500 halaman atau meringkas 100 email, menurut wakil presiden yang bekerja di Gemini.

“Gemini 1.5 Pro akan segera dapat menangani konten video selama satu jam, atau basis kode dengan lebih dari 30.000 baris. Anda dapat dengan cepat mendapatkan jawaban dan wawasan tentang dokumen yang padat, seperti mencari tahu detail kebijakan hewan peliharaan dalam perjanjian sewa Anda atau membandingkan argumen utama dari beberapa makalah penelitian yang panjang,” kata Sissie Hsiao, wakil presiden di Google dan manajer umum untuk pengalaman Gemini.

Dengan 35 bahasa, Google mengatakan bahwa Gemini 1.5 Pro memiliki 2 juta jendela token, yang mengukur konteks dan menunjukkan berapa banyak informasi yang dapat diproses oleh model sekaligus. Model baru ini telah meningkatkan penalaran lokal, perencanaan dan pemahaman gambar, kata para eksekutif perusahaan.

Gemini 1.5 Pro pada awalnya akan tersedia untuk pengujian di Workspace Labs. Gemini 1.5 Flash akan tersedia untuk pengujian dan di Vertex AI, yang merupakan platform pembelajaran mesin Google yang memungkinkan pengembang untuk melatih dan menggunakan aplikasi AI.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan.


Generic placeholder image

GPT-4o, Model Terbaru ChatGPT yang Jauh Lebih Pintar

TEKNOLOGI DIGITAL

May 14 2024, 06.38

Model terbaru ini dapat melakukan penerjemahan secara real-time.


Generic placeholder image

ChatGPT Kini Dapat Diakses Tanpa Pengguna Daftarkan Akun

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 14.25

Inti dari upaya mereka ini adalah untuk menyediakan alat seperti ChatGPT secara luas.


Generic placeholder image

Voice Engine, AI yang Bisa Tiru Suara Manusia dengan Akurasi Nyaris Sempurna

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 02 2024, 05.54

Voice Engine dapat menggunakan sampel suara dalam satu bahasa untuk membuat suara replika yang dapat berbicara dalam berbagai bahasa lain.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022