Manfaat AI Bagi Humas, Efisiensi Pekerjaan Hingga Mitigasi Krisis

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 20 2024, 11.15

Kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) diakui praktisi humas sangat bermanfaat untuk efisiensi pengolahan data berskala besar. Bahkan, AI juga berguna untuk membantu tugas humas dalam memitigasi kondisi krisis.
 
Hal tersebut mengemuka di dalam webinar bertajuk “The Challenges and Opportunities of AIvolution in PR” pada 18 Mei 2024. Seminar daring ini bagian dari rangkaian Road to World Public Relations Forum 2024.
 
Sesi diskusi tersebut menghadirkan Dian Agustine Nuriman selaku Founder Nagaru Communication sekaligus Head of Public Relations Training Perhumas. Hadir pula CEO NoLimit Indonesia sekaligus Anggota Public Relation Competence Perhumas Aqsath Naradhipa.
 
Dian mengatakan, di dalam praktik pengolahan data berskala besar dan cepat oleh hubungan masyarakat (humas), AI sangat membantu pelaksanaannya. Kini, terdapat tujuh produk AI yang semakin lazim dimanfaatkan humas alias public relation.
 
Selain chatbots, beberapa produk AI lain yang banyak digunakan, yaitu speech to text tools, social media automation, content creation, media outreach, media monitoring, dan sentiment analysis.
 
“Memang kehadiran AI disertai ancaman dan risiko, tetapi inovasi AI juga memang bisa membantu efisiensi pekerjaan humas,” tutur Dian di sela pemaparannya.
 
Namun demikian, ia juga mengaskan agar public relation (PR) jangan sampai seutuhnya bergantung kepada produk AI. Sebab, terdapat sejumlah aspek yang tetap harus diawasi manusia.
 
Menguatkan poin tersebut, Aqsath mengutarakan bahwa kehadiran AI memang disertai sejumlah tantangan. Risiko atau tantangan yang dimaksud bukan hanya soal privasi, tetapi juga terkait keamanan siber. “Karena keamanan dan kenyamanan itu seperti dua sisi mata koin,” ucapnya.
 
Lebih jauh, kecerdasan buatan juga dapat berdampak terhadap jumlah pengangguran, ia menyebutnya pengangguran teknologi. Dengan kata lain, pengangguran yang disebabkan disrupsi teknologi.
 
“Seperti kasus gerbang tol dulu. Ketika awal diterapkan kartu tol untuk pembayaran di gerbang, hingga sekarang jadi uang elektronik, tak dipungkiri membuat puluhan ribu penjaga gerbang tol kehilangan pekerjaannya,” ujar Aqsath.

Meskipun begitu, imbuhnya, AI memang terbukti membuka peluang-peluang baru, tak sekadar efisiensi pekerjaan humas. Kecerdasan artifisial bahkan berperan strategis untuk penanganan krisis secara lebih baik.
 
“Karena humas atau misalnya corporate communication, bisa lebih mudah memetakan isu mana yang mau ditangani lebih dulu. Isu strategis yang mana dulu,” tutur Aqsath.
 
Menurutnya, AI juga membuat humas menjadi lebih kreatif berinovasi menghadirkan produk kehumasan baru. Bahkan, AI juga bermanfaat membuat kampanye lebih hidup dan interaktif.

Penulis : Tim Publikasi Katadata

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mendikdasmen: AI akan Jadi Pelajaran Pilihan di Semua Sekolah

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 05 2025, 17.00

Mata pelajaran kecerdasan buatan sifatnya masih pilihan karena belum seluruh sekolah di Indonesia memiliki kesiapan teknologi.


Generic placeholder image

Survei KIC: Indonesia Dianggap Masih Tertinggal dalam Pengembangan AI

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 06 2025, 18.09

Studi KIC menemukan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia mengenai AI tergolong tinggi, meskipun pengetahuan tentang teknologi dimaksud masih terbatas.


Generic placeholder image

Unilever Indonesia: Diverse Teams Make Better Business Decisions

LAINNYA

Nov 23 2024, 11.01

Inclusion, equality and diversity are important sustainability issues because if all marginalized communities are empowered, everyone will benefit.


Generic placeholder image

Unilever Indonesia: Tim yang Beragam Membuat Keputusan Bisnis Lebih Baik

LAINNYA

Nov 23 2024, 10.51

Inklusi, kesetaraan dan keragaman menjadi isu keberlanjutan yang penting karena jika seluruh masyarakat marginal diberdayakan, semua orang akan merasakan manfaatnya.


Generic placeholder image

Facing Global Challenges, Young PR Professionals Must Balance Tradition with Technology

LAINNYA

Nov 22 2024, 11.29

Bali teaches us that even in the midst of change, our roots remain grounded.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 19 2025, 00.00

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022