Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Apple meluncurkan strategi AI yang telah lama ditunggu-tunggu dengan mengintegrasikan teknologi Apple Intelligence barunya di seluruh rangkaian aplikasinya termasuk Siri. Apple juga bermitra dengan OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT ke dalam perangkatnya.

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft, meskipun langkah ini sedikit terlambat dibandingkan kompetitornya.

Fitur-fitur AI diumumkan pada Worldwide Developers Conference dan akan hadir dengan sistem operasi terbaru untuk perangkatnya, yang juga didemonstrasikan pada acara tersebut.

Fitur-fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk meringkas teks dan menghasilkan konten lain, seperti animasi yang dipersonalisasi untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seorang teman.

Apple juga mengatakan, integrasi ChatGPT akan tersedia akhir tahun ini serta fitur AI lainnya akan menyusul. Chatbot dapat diakses secara gratis dan informasi pengguna tidak akan dicatat.

“Kami ingin Anda dapat menggunakan model eksternal ini tanpa harus berpindah-pindah di antara alat yang berbeda,” kata eksekutif Apple, Craig Federigh dilansir dari Reuters.

Apple juga merombak Siri dengan teknologi AI generatif untuk memberikan asisten suara ini kemampuan untuk mengontrol fitur aplikasi individual. Ini berarti Siri sekarang dapat menghapus email dan mengedit gambar untuk pengguna iPhone - kemampuan yang sebelumnya terbukti sulit karena asisten perlu memahami maksud pengguna serta cara kerja aplikasi.

Siri juga akan memanfaatkan keahlian ChatGPT dan meminta izin dari pengguna sebelum meminta layanan OpenAI. Apple telah membangun AI dengan privasi sebagai intinya dan akan menggunakan kombinasi pemrosesan di perangkat dan komputasi awan untuk mendukung fitur-fitur AI.

Untuk mewujudkannya, Apple berencana menggunakan chipnya sendiri untuk membantu menggerakkan fitur AI pada perangkatnya. Apple juga meluncurkan Private Cloud Compute, di mana AI-nya dapat memanfaatkan model berbasis server yang lebih besar sekaligus melindungi privasi pengguna.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Generic placeholder image

Fitur AI Terbaru Google Kerap Memberikan Jawaban yang Aneh

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 19.51

AI terkadang dapat memalsukan fakta.


Generic placeholder image

Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022