Platform AI buatan Anak Muda Indonesia Bisa Hapus Hambatan Bahasa

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Oct 15 2024, 06.44

Sejumlah anak muda  Indonesia tengah membuat platform large language barrier (LLM) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang bisa menghapus hambatan bahasa. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatikan Nezar Patria mengungkapkan, platform ini nantinya memungkinan seseorang berkomunikasi dengan dua bahasa yang berbeda tanpa harus melalui penerjemah.

“Platform ini menggunakan kecerdasan buatan. Jadi Anda bisa berkomunikasi dengan teman anda di Thailand tetap menggunakan bahasa Indonesia. Namun, teman Anda di Thailand akan mendengar omongan Anda bukan dalam bahasa Indonesia tetapi dalam bahasa Thailand. Platform ini akan menghapus language barrier yang selama ini menjadi kendala,” kata Nezar dalam diskusi Expert Talk yang digelar oleh Katadata Indonesia dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Regional Entrepreneurship Acceleration Program (REAP).

Nezar menambahkan, anak-anak muda Indonesia ini bekerja sama dengan sebuah perusahaan di Singapura dalam mengembangkan mesin yang canggih untuk memecahkan hambatan bahasa.

Untuk sementara, kata Nezar, platform ini hanya untuk negara-negara di Asia Tenggara. Menurut dia, platform LLM ini bukan hanya menghapus hambatan bahasa tetapi juga bisa bisa meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi serta memperluas kerja sama.

“Kita bisa memperluas kerjasama kita di bidang bisnis juga. Jadi, bahasa tidak lagi menjadi penghalang karena mesin ini akan membantu kita, dan itu adalah salah satu contoh bagaimana, teknologi ini dapat membantu dalam meningkatkan proses ekonomi di kawasan ini,” jelas Nezar.

Nezar menambahkan, pemerintah terus berupaya memfasilitasi generasi muda Indonesia yang ingin mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan memberikan lebih banyak dana untuk melakukan penelitian.

Kata Nezar, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 500 perusahaan rintisan yang sedang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan.

“Tentu saja, AI sendiri sudah diimplementasikan ke beberapa sektor industri seperti industri kesehatan, transportasi, pendidikan, dan beberapa sektor lainnya. Dan untuk itu, pemerintah mencoba untuk memberikan regulasi yang seminimal mungkin karena kita tidak ingin terlalu mengatur sektor-sektor, sektor-sektor, teknologi yang dalam ini. Karena kita ingin melihat inovasi itu bisa, berkembang dan kita ingin melihat banyak pemangku kepentingan yang bisa terlibat secara bebas untuk mengembangkan teknologi ini,” ungkap Nezar.

Menurut Nezar, pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp7,7 triliun untuk mengembangkan dan memperkuat proses transformasi digital. Pemerintah, kata dia, juga berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan teknologi global dalam mengembangkan kecerdasan buatan.

“Sebagai contoh, kami bekerja sama dengan Microsoft, Apple, dan Amazon, dan mereka mencoba untuk memberikan sumber daya manusia. Program pengembangan seperti untuk menciptakan talenta digital di Indonesia dan memberikan beberapa infrastruktur, fasilitas untuk beberapa sekolah di beberapa daerah di Indonesia. Dan kami dapat mengatakan bahwa inisiatif ini selaras dengan strategi nasional kami untuk menghasilkan sekitar sembilan juta talenta digital pada 2030. Jadi, kami memiliki proyeksi bahwa ekonomi digital di Indonesia akan mencapai 366 miliar dolar AS,” pungkas Nezar.

Perbincangan lengkap diskusi Expert Talk yang digelar Katadata Indonesia bersama Massachusetts Institute of Technology (MIT) Regional Entrepreneurship Acceleration Program (REAP) bisa disimak di Youtube Katadata Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=lqFdezrKbrs

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Katadata Kerja Sama dengan MIT Gelar Diskusi Expert Talk

LAINNYA

Sep 19 2024, 13.36

Kerja sama ini sejalan dengan program MIT REAP yang menawarkan akses ke keahlian global serta riset teknologi terkini dan implementasinya.


Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022