Gambar yang Dihasilkan AI Akan Diberi Tanda Khusus

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 15 2024, 06.47

Perusahaan teknologi Meta sedang berupaya mengidentifikasi gambar-gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) yang dibuat oleh pihak ketiga dan dibagikan di platform Meta. Salah satu caranya dengan memberi label atau tanda khusus.

Langkah ini dilakukan seiring dengan persiapan Meta untuk musim pemilihan umum 2024 di tengah menjamurnya alat kecerdasan buatan yang mengancam akan mengacaukan ekosistem informasi.

Dalam beberapa bulan mendatang, Meta akan mulai menambahkan label "AI generated" pada gambar yang dibuat oleh alat dari Google, Microsoft, OpenAI, Adobe, Midjourney, dan Shutterstock.

Presiden Meta Global Affairs Nick Clegg mengatakan, Meta sudah menerapkan label "imagined with AI" yang serupa pada gambar fotorealistik yang dibuat dengan alat generator AI-nya sendiri.

“Meta bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka lainnya dalam mengembangkan alat kecerdasan buatan untuk menerapkan standar teknis umum. Pada dasarnya, metadata atau tanda air tertentu yang tidak terlihat yang tersimpan di dalam gambar  yang akan memungkinkan sistemnya untuk mengidentifikasi gambar yang dihasilkan oleh AI yang dibuat dengan alat mereka,” kata Clegg dilansir dari laman CNN.

Label Meta akan diluncurkan di Facebook, Instagram, dan Thread dalam berbagai bahasa. Pengumuman Meta ini muncul ketika para ahli informasi online, anggota parlemen, dan bahkan beberapa eksekutif teknologi meningkatkan kewaspadaan bahwa alat AI baru yang mampu menghasilkan gambar yang realistis  dan berisiko menyebarkan informasi palsu yang dapat menyesatkan para pemilih menjelang pemilihan umum 2024 di Amerika Serikat dan belasan negara lainnya.

Hal ini juga terjadi sehari setelah Dewan Pengawas Meta sendiri mengecam kebijakan manipulasi media perusahaan yang tidak jelas dalam sebuah keputusan terkait video Presiden AS Joe Biden yang telah diubah. 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022