Jangan Dilakukan! Ini Bahaya Meletakkan iPhone Basah di Atas Beras

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 26 2024, 14.28

Baru-baru ini Apple mengeluarkan peringatan keras untuk tidak meletakkan iPhone yang tidak sengaja kemasukan air di atas beras. Menurut Apple, meletakkan iPhone basah di atas beras hanya akan memperburuk kondisi ponsel pintar itu.

Perusahaan teknologi raksasa ini pun menjelaskan cara-cara yang tepat untuk menangani insiden yang umum terjadi tersebut.

Langkah-langkah yang Disarankan untuk iPhone yang Kemasukan Air

Bagi pengguna iPhone yang mengalami kerusakan akibat air, saran utama dari Apple adalah untuk tetap tenang, dan membiarkan perangkat mengering secara alami, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Selanjutnya para pengguna juga disarankan untuk mengetuk secara lembut iPhone yang kemasukan air itu, untuk mengeluarkan cairan yang terperangkap di dalamnya. Setelah itu, tempatkan ponsel pintar itu di tempat yang kering, serta berventilasi baik selama 24 jam.

Cara ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan lebih lanjut saat perangkat mengering.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari


Salah satu solusi praktis untuk mengatasi iPhone yang kemasukan air, yang sebenarnya tak harus diikuti adalah meletakkan iPhone di atas beras.

Solusi ini sama sekali tak perlu diikuti, karena keberadaan beras dapat membatasi aliran udara, sehingga menghambat proses pengeringan iPhone yang kemasukan air.

Alasan kedua, karena butiran beras berisiko masuk ke dalam perangkat, yang berpotensi menyebabkan kerusakan internal yang semakin parah.

Selain itu, Apple menyarankan juga untuk  tidak menggunakan sumber panas eksternal, atau udara bertekanan tinggi untuk mengeringkan iPhone basah itu. Hal ini karena metode tersebut dapat mendorong kelembapan lebih dalam ke dalam ponsel, atau bahkan menyebabkan kerusakan permanen. 

Solusi lain yang juga direkomendasikan Apple untuk mengatasi iPhone yang kemasukan air adalah, pengguna dihimbau untuk segera melepaskan perangkat mereka dari pengisi daya, dan membiarkannya mengering secara alami.

Penyisipan benda asing ke dalam port pengisian daya juga diperingatkan untuk tidak dilakukan, karena berpotensi membahayakan pin port, yang dapat mengganggu kemampuan pengisian daya. 

Apple menekankan pentingnya kesabaran, dan menahan diri dari upaya yang tergesa-gesa untuk mengatasi kerusakan iPhone akibat air. Bagaimana pun juga, sangat perlu mengambil langkah-langkah yang tepat guna menjaga fungsionalitas, dan umur panjang iPhone yang rusak akibat air.

Panduan ini berfungsi sebagai pengingat akan sifat perangkat elektronik yang rentan, dan perlunya penanganan yang hati-hati dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

Hadirkan Fitur AI Terbaru, Saham Apple Langsung Melonjak

EKONOMI & BISNIS

Jun 12 2024, 05.22

Saham Apple naik 7,3 persen dan berakhir pada 207,15 dolar AS.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Generic placeholder image

Pengguna iPhone di 92 Negara Terancam Serangan Spyware

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 14.00

Serangan atau peretasan ini bukanlah aktivitas kejahatan siber biasa atau malware.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022