Penjualan Mobil Listrik Turun, Tesla PHK 14 Ribu Karyawan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Apr 15 2024, 21.21

Raksasa kendaraan listrik Tesla akan memberhentikan 10% stafnya di seluruh dunia. Tesla saat ini mempekerjakan sekitar 140.400 staf yang berarti sekitar 14.000 karyawan akan di-PHK.  Alasan yang diberikan perusahaan adalah untuk memangkas sejumlah posisi dan juga untuk menghilangkan peran yang saat ini dirangkap. 

"Selama bertahun-tahun, kami telah berkembang pesat dengan beberapa pabrik yang tersebar di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan yang cepat ini, telah terjadi duplikasi peran dan fungsi pekerjaan di area tertentu,” kata CEO Tesla Elon Musk dikutip dari Euronews.

Elon Musk mengatakan, Tesla Tengah memasuki fase pertumbuhan berikutnya, sehingga sangat penting untuk melihat setiap aspek perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.

“Sebagai bagian dari upaya ini, kami telah melakukan tinjauan menyeluruh terhadap organisasi dan membuat keputusan sulit untuk mengurangi jumlah karyawan kami lebih dari 10% secara global. Tidak ada yang lebih saya benci, tetapi hal ini harus dilakukan. Hal ini akan membuat kami menjadi ramping, inovatif, dan siap menghadapi fase pertumbuhan berikutnya,” lanjut Musk.

Tanda-tanda PHK mulai terlihat ketika perusahaan meminta beberapa manajer untuk memutuskan anggota tim utama yang mungkin menjadi target. Tanda-tanda lain termasuk membatalkan tinjauan tahunan tertentu dan menghentikan hadiah saham tertentu. Setelah pengumuman tersebut, beberapa karyawan melaporkan bahwa mereka telah kehilangan akses ke sistem perusahaan.

Langkah drastis Tesla ini merupakan kelanjutan dari laporan kuartalan terakhir yang mengecewakan. Perusahaan mengungkapkan gagal memenuhi ekspektasi pengiriman dengan margin yang cukup besar dan juga mengalami penurunan penjualan yang mengejutkan dibandingkan dengan angka tahun lalu.

Hal ini terutama disebabkan oleh penjualan di Cina yang turun drastis, terutama karena produsen mobil listrik Cina baru-baru ini menyalip Tesla dalam penjualan mobil khusus baterai pada kuartal terakhir 2023. Tesla telah memangkas produksi di Gigafactory Shanghai, dan juga memangkas jumlah shift produksi untuk Cybertruck di Gigafactory Texas.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Roket Mega Starship SpaceX Kembali ke Bumi Tanpa Meledak

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 07 2024, 09.02

Ini adalah peluncuran keempat roket terbesar dan terkuat di dunia, dengan tinggi hampir 121 meter.


Generic placeholder image

Elon Musk: AI Ambil Alih Semua Pekerjaan Manusia, Bukan Hal yang Buruk

TEKNOLOGI DIGITAL

May 25 2024, 20.12

Musk menggambarkan masa depan di mana pekerjaan akan menjadi pilihan.


Generic placeholder image

Elon Musk: Starlink Bantu Jutaan Warga RI di Daerah Terpencil Akses Internet

TEKNOLOGI DIGITAL

May 19 2024, 19.59

Starlink diluncurkan di tiga pusat kesehatan di Indonesia, dua di Bali dan satu di Maluku.


Generic placeholder image

Menko Marves Luhut Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

EKONOMI & BISNIS

May 19 2024, 08.49

Elon Musk tiba di Bali untuk menghadiri World Water Forum ke-10.


Generic placeholder image

Jokowi Buka World Water Forum 2024, Elon Musk Jadi Pembicara

EKONOMI & BISNIS

May 15 2024, 20.53

Jokowi bersama Elon Musk yang turut hadir di World Water Forum akan sekaligus meresmikan layanan internet berbasis satelit Starlink,


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022