Perombakan Oppo Gallery, Strategi Jitu Kuasai Pasar Ponsel di Indonesia
EKONOMI & BISNIS
May 02 2024, 16.52
Oppo menjadi merek ponsel yang menguasai pangsa pasar telepon pintar di Indonesia dengan jumlah 18%. Ponsel buatan Cina itu berhasil mengalahkan Samsung dan Xiaomi.
Chief Marketing Officer OPPO Indonesia Patrick Owen mengungkapkan, strategi yang dilakukan Oppo untuk menguasai pangsa pasar di Indonesia adalah dengan merombak total konsep dari Oppo Gallery.
“Jadi tadinya konsep Oppo Gallery itu hanya toko yang menjual produk Oppo, lalu kami merombak konsep tersebut dengan menjadikan Oppo Gallery tidak hanya tempat menjual ponsel tapi juga dilengkapi dengan perpustakaan serta café. Ternyata perubahan konsep ini memberikan dampak positif terhadap penjualan ponsel Oppo,” kata Patrick saat menjadi pembicara di Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Kamis (1/5/2024).
Patrick menambahkan, Oppo Gallery menjadi penyumbang terbesar penjualan ponsel flagship Oppo di Indonesia. Selain itu, kata Patrick, Oppo Gallery juga berhasil menjual 3.000 kopi per hari dan didatangi oleh 300 pengunjung di tiap toko.
Menurut dia, ada tiga hal yang dilakukan Oppo untuk bisa bertahan dan menjadi yang terbaik di pasar ponsel.
“Pertama, stand up your ideas. Jadi salah satunya adalah pperombakan total Oppo Gallery. Lalu kedua adalah komunikasi bagaimana bisa memenangkan pasar. Ketika pertama kali ingin merombak konsep Oppo Gallery kami tidak hanya berkomunikasi ke direksi tapi juga menjelaskan bahwa konsep ini akan membuka pintu bagi toko-toko lain melakukan hal yang sama. Lalu terakhir menciptakan lingkungan yang bisa Anda kontrol,” jelas Patrick.
Produk Oppo yang mendongkrak penjualan di awal 2024 adalah seri Reno11 series 5G. Salah satu seri dari Reno11 series 5G yakni Reno 11 F 5G menjadi smartphone AI pertama di bawah 5 juta yang menawarkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya. Kehadiran Reno11 F 5G ini terbukti mendongkrak market share Oppo di Indonesia, mengantarkannya ke posisi puncak sebagai merek smartphone terfavorit di awal 2024.