Potong Birokrasi, Jokowi Permudah Izin Penyelenggaraan Event

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 27 2024, 21.19

Presiden Joko Widodo mempermudah izin penyelenggaraan event melalui digitaliasai layanan perizinan. Sistem perizinan penyelenggaraan event yang terintegrasi atau online single submission (OSS) diharapkan mampu memberikan kemudahan pengurusan izin bagi para penyelenggara acara.

“Betul-betul memberikan kepastian jauh-jauh hari sebelumnya, betul-betul memotong birokrasi kita sehingga munculnya adalah sebuah cost yang lebih murah dan lebih terbuka, transparan,” kata Jokowi dikutip dari laman Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorasi.

Meski telah ada digitalisasi, Jokowi menekankan pentingnya manajemen perencanaan penyelenggaraan event baik oleh pihak penyelenggara dan pemerintah. Pengajuan perizinan, menurut dia, sebaiknya dilakukan jauh lebih awal sebelum acara terselenggara.

“Ini saya minta juga kepada penyelenggara event itu mengajukannya jauh-jauh bulan sebelumnya, enam bulan sebelumnya, setahun sebelumnya, mengajukan izin dulu. Artinya itu ada perencanaan yang baik, manajemen perencanaan yang baik kapan event itu diselenggarakan,” tegas Jokowi.

Dengan perencanaan seperti itu, Jokowi optimistis para penyelenggara event dapat mempromosikan acara mereka secara lebih luas. Apalagi, beberapa proses perizinan tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Pemerintah, jajaran pemerintah juga, totalnya bisa disampaikan hanya dalam waktu 14 hari dari beberapa perizinan tadi sehingga penyelenggara bisa mempromosikan event-nya, bisa menjual tiketnya dengan baik,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga mengatakan penyelenggaraan event dalam skala nasional maupun internasional dapat berdampak positif bagi negara. Dia memberi contoh  Qatar yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dengan menyelenggarakan Piala Dunia pada 2022 lalu.

“Piala Dunia Tahun 2022 di Qatar itu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Qatar dari yang tahun sebelumnya hanya 1,5 persen melompat menjadi 4,3 persen pada saat penyelenggaraan, dan Qatar berani mengeluarkan uang untuk event itu 220 miliar dolar Amerika,” jelas Jokowi.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Presiden Jokowi Pimpin Pertemuan Tingkat Tinggi di World Water Forum 2024

EKONOMI & BISNIS

May 20 2024, 06.23

Rangkaian hari ketiga akan ditutup dengan Cultural Parade di Bali Collection.


Generic placeholder image

Jokowi Sambut Kepala Negara dan Delegasi WWF 2024 di Jamuan Makan Malam

LAINNYA

May 19 2024, 13.41

Sejumlah kepala negara telah tiba di Bali di antaranya adalah Perdana Menteri (PM) Tajikistan, Presiden Sri Lanka dan Presiden Fiji.


Generic placeholder image

Lindungi Pelaku Usaha, Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Ditunda Pemerintah

EKONOMI & BISNIS

May 16 2024, 17.52

Kewajiban sertifikasi halal diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.


Generic placeholder image

Jokowi Buka World Water Forum 2024, Elon Musk Jadi Pembicara

EKONOMI & BISNIS

May 15 2024, 20.53

Jokowi bersama Elon Musk yang turut hadir di World Water Forum akan sekaligus meresmikan layanan internet berbasis satelit Starlink,


Generic placeholder image

Laboratorium Terlengkap di Asia Tenggara Diresmikan di Depok

TEKNOLOGI DIGITAL

May 07 2024, 16.42

Fasilitas ini akan menjadi tempat pengujian alat dan perangkat telekomunikasi.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022