Mengenal Kemoterapi Pencegahan yang Dijalani Princess of Wales

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 23 2024, 15.13

Princess of Wales Kate Middleton mengumumkan dirinya menderita kanker yang ditemukan secara tidak sengaja setelah menjalani operasi perut. Dia juga mengatakan sedang menjalani kemoterapi pencegahan.

Kemoterapi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengobatan seseorang yang didiagnosis menderita kanker dan digunakan untuk membunuh sel-sel kanker. Namun, Kate secara khusus menggunakan istilah kemoterapi pencegahan.

Kemoterapi preventif bukanlah istilah resmi untuk suatu jenis pengobatan dan tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan mengenai kanker Kate, atau jenis pengobatan yang dijalaninya.

Saat ini terdapat pengobatan yang disebut "kemoprevensi" yang menurunkan risiko terkena kanker, atau kembalinya kanker pada orang sehat.

Sebagai contoh, saat ini digunakan untuk orang yang belum terkena kanker payudara tetapi berisiko tinggi terkena kanker karena riwayat keluarga mereka.

Laman independent menulis, pada 2021-22, lebih dari 320.000 orang menerima pengobatan kanker di National Health Service Inggris termasuk kemoterapi dan radioterapi. Obat-obatan kemoterapi digunakan untuk membunuh sel kanker. Obat-obatan ini mengganggu cara sel kanker tumbuh dan membelah diri sehingga menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Menurut para spesialis di The Royal Marsden, rumah sakit kanker di London, kemoterapi yang disebut terapi ajuvan terkadang digunakan untuk membantu menghancurkan sel-sel kanker yang mungkin tersisa setelah operasi atau radioterapi.

Jenis kemoterapi lainnya meliputi: terapi neo-adjuvan, yang diberikan sebelum pembedahan atau radioterapi untuk mengecilkan tumor; terapi perioperatif yang diberikan sebelum dan sesudah pembedahan, dan paliatif, yang membantu meringankan gejala jika kanker telah menyebar.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat pendekatan kesehatan masyarakat yang disebut kemoterapi pencegahan, yang digunakan pada seluruh populasi, di mana obat-obatan berskala besar diberikan untuk mencegah penyakit tertentu. Ini termasuk filariasis limfatik, yang umumnya dikenal sebagai kaki gajah.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022