Studi: Diet Kesehatan Planet Bisa Mengurangi Risiko Kematian

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 23 2024, 18.58

Mengonsumsi makanan yang sebagian besar terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan makanan utuh tidak hanya baik untuk planet ini tetapi juga baik untuk kesehatan Anda.

"Diet kesehatan planet dirancang oleh Komisi EAT-Lancet, untuk mencoba dan melihat bagaimana kita, di tingkat global, merancang pola diet yang memenuhi kebutuhan gizi masyarakat," kata Maya Vadiveloo, seorang profesor di Departemen Nutrisi di Universitas Rhode Island dilansir dari laman CNBC.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa risiko kematian dini lebih rendah 30% bagi orang yang mengikuti pola makan kesehatan planet dibandingkan dengan mereka yang tidak.

“Pola makan berbasis makanan utuh dan nabati seperti planetary health diet (diet kesehatan planet) cenderung sangat padat nutrisi, sehingga akhirnya menjadi sumber antioksidan dan nutrisi makro dan mikro yang ideal untuk tubuh," kata Vadiveloo.

Pengikut pola makan ini juga memiliki kontribusi 29% lebih rendah terhadap emisi gas rumah kaca, demikian hasil studi tersebut.

Namun, apa yang membuat pola makan kesehatan planet berbeda dari pola makan populer lainnya seperti pola makan Mediterania atau pola makan DASH yang menyehatkan jantung?

"Dasar-dasar di antara pola-pola tersebut serupa. Keduanya lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran utuh, yang merupakan kunci dari hampir semua pola makan sehat jantung, serta biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian," kata Vadiveloo.

Namun ada beberapa perbedaan di antara pola makan tersebut.

“Pola makan DASH memungkinkan konsumsi makanan yang bersumber dari hewan yang lebih tinggi, termasuk rendah lemak, produk susu, dan unggas. Dan mungkin dalam jumlah yang lebih tinggi daripada diet kesehatan planet, karena diet ini tidak secara khusus memperhatikan kesehatan planet," kata Vadiveloo.

Diet kesehatan planet juga menempatkan lebih banyak batasan pada konsumsi lemak total daripada diet DASH.

Secara umum, diet Mediterania tidak menekankan pada makanan olahan susu. Diet yang populer ini memiliki penekanan yang lebih tinggi pada komponen lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan ikan dibandingkan dengan diet kesehatan planet.

"Hal lain yang konsisten adalah dalam semua pola ini, Mediterania, DASH, planet, tidak ada perbedaan dalam hal mengurangi sumber gula tambahan, mengurangi sumber lemak padat, seperti dari lemak jenuh, lemak trans dalam minyak kelapa dan sumber hewani," kata Vadiveloo.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ahli Ungkap Kebiasaan Diet Cocok Untuk Mencegah Penyakit Ginjal

GAYA HIDUP

Mar 08 2024, 07.56

Kesehatan ginjal adalah kunci untuk kesejahteraan karena sangat penting untuk beberapa fungsi tubuh.


Copyright Katadata 2022