Empat Cara Mengelola Stres dalam Kondisi yang Sulit

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 11.14

Belajar untuk tetap tenang saat menghadapi masalah, baik itu urusan pekerjaan maupun rumah tangga, atau pun masalah pribadi, dapat membantu membuat keputusan yang lebih baik dan menjaga kesehatan mental diri sendiri. 

Terkait hal ini, Dr. Radha, dari GP dan BBC Radio 1's Life Hacks, memberikan sejumlah strategi untuk membantu orang-orang agar tetap tenang dalam situasi yang paling sulit sekalipun. Radha mengatakan,, bernapas dengan benar dapat sangat membantu untuk meredakan stres. 

Sebagaimana yang disarankan oleh Radha, tariklah napas dalam-dalam melalui hidung selama lima detik, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan melalui hidung selama lima detik. Cara ini diyakini mampu memberi tahu otak  bahwa semuanya baik-baik saja. Setiap orang dapat melakukan cara ini dengan tenang untuk meredakan stres dan rasa gugup saat menghadapi suatu masalah.

Dilansir dari Morocco World News, berikut ini empat cara mengelola stres dalam kondisi yang sulit.

1. Bersenandung

Dr. Radha mengatakan, bersenandung dapat membantu menenangkan pikiran dengan menjaga detak jantung tetap stabil. Jadi, saat berada dalam keadaan cemas, cobalah menyenandungkan sebuah lagu, atau hanya membuat suara senandung, dan hal ini seperti sihir bagi saraf otak.

Hanya dengan bersenandung selama beberapa menit saja, pikiran bisa menciptakan rasa damai dan tenang, sehingga seseorang bisa mendapatkan kembali kendali atas emosinya, serta merasa lebih stabil. 

2. Fokus pada Satu Hal

Tidak jarang dari kita mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus, dan hal tersebut tentu dapat membuat stres. Guna mengatasinya, Dr. Radha menyarankan untuk fokus pada satu hal pada satu waktu. 

Bagilah tugas menjadi beberapa langkah kecil, dan berkonsentrasilah hanya pada satu pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini membantu otak untuk tetap tenang dan fokus, sama seperti cara para atlet tetap fokus selama pertandingan olahraga yang menegangkan. Kiat-kiat ini sangat mudah dicoba di mana saja, dan benar-benar dapat mengatasi kesulitan dalam hidup.

3. Dukungan

Jangan ragu untuk menghubungi teman dekat, keluarga, atau kolega untuk mendapatkan dukungan selama masa-masa sulit. 

Berbicara dengan seseorang yang memahami, dan berempati dengan situasi sulit yang sedang dihadapi dapat memberikan kelegaan emosional, serta membantu seseorang mendapatkan perspektif yang berharga. Selain itu, dukungan profesional seperti terapi, dapat memberikan strategi dan panduan yang bermanfaat untuk mengelola stres.

Keduanya - terapi dan berbicara dengan teman - dapat membuat seseorang merasa tidak terlalu sendirian, serta lebih dimengerti, mengurangi stres dan membuat hidup menjadi lebih baik, juga lebih mudah ditangani.

4. Berpikir dengan Baik

Jangan lupa untuk selalu berpikir baik pada diri sendiri, terutama saat menghadapi masalah. Cobalah untuk menghindari kritik diri dan pembicaraan diri yang negatif, dan sebagai gantinya, cintai diri sendiri dengan memperlakukan diri sendiri secara baik dan pengertian, seperti halnya ketika kita menawarkan kebaikan pada seorang teman dalam situasi yang sulit.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh mantan Senator Amerika Serikat, Al Franken, "kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia. Hargai kesalahan Anda apa adanya: pelajaran hidup yang berharga yang hanya dapat dipelajari dengan cara yang sulit. Kecuali jika itu adalah kesalahan fatal, yang setidaknya dapat dipelajari oleh orang lain.”

Dengan melakukan empat cara tersebut dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang dapat memiliki ketangguhan dan memperkuat kemampuan diri untuk tetap tenang, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun. 

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Cara Mengelola Stres dengan Hobi Sederhana di Rumah

GAYA HIDUP

Mar 14 2024, 08.37

Stres yang berkepanjangan telah terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah suasana hati, gangguan tidur, dan bahkan penyakit jantung.


Copyright Katadata 2022