Cara Mengelola Stres dengan Hobi Sederhana di Rumah

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 14 2024, 08.37

Setumpuk pekerjaan dan kehidupan yang penuh tekanan seringkali sulit dihindari dan akhirnya membuat kita abai akan kesehatan, hingga berdampak negatif pada tubuh, salah satunya stres.

Stres yang berkepanjangan telah terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah suasana hati, gangguan tidur, dan bahkan penyakit jantung. 

Sebetulnya, bagaimana stres mempengaruhi kesehatan jantung masih menjadi misteri, namun beberapa teori telah muncul dan bisa dipelajari. Salah satu kemungkinan adalah bahwa stres memicu peradangan dan merupakan pemicu penyakit jantung yang diketahui. 

Namun, stres juga dapat mempengaruhi penyakit jantung melalui cara yang lebih halus, dengan memengaruhi perilaku kita yang berisiko terhadap penyakit jantung. Misalnya, saat stres, seringkali cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang waktu atau energi untuk berolahraga, serta cenderung merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. 

Maka dari itu, penting bagi kita untuk belajar menghadapi stres dan mengelola kebiasaan tidak sehat tersebut. Tetaplah positif, seperti tersenyum dan tertawa, salah satu cara terbaik untuk menghadapi stres dan terbukti dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, mengurangi peradangan dalam pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol "baik" HDL.

Nanun, dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, ada juga cara mengelola stres dengan hobi sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Hobi memberikan kita waktu untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang kita sukai. Ketika kita fokus pada hobi yang kita gemari, kita dapat melupakan sejenak tekanan dan stres dalam hidup kita.

1. Mendengarkan musik
Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Musik, terutama yang memiliki nuansa ceria, dapat meningkatkan suasana hati dan membantu menghilangkan stres. 

Efek musik ini bahkan dapat dimanfaatkan dalam terapi musik yang digunakan untuk mengatasi stres, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi rasa sakit.

2. Menulis dan menggambar
Menulis jurnal atau mengekspresikan diri melalui tulisan dapat menjadi hobi yang membantu mengurangi stres. Dengan menuliskan pikiran dan emosi kita, kita dapat mengklarifikasi perasaan dan merefleksikan pengalaman hidup kita. 

Selain itu, menggambar bebas atau melukis juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menenangkan pikiran.

3. Berkebun
Berkebun adalah hobi yang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental. Melihat tanaman tumbuh dan merawat kebun dapat memberikan rasa kedamaian dan kepuasan. Selain itu, berkebun juga dapat mendekatkan kita dengan alam dan meningkatkan kebugaran tubuh melalui aktivitas fisik yang dilakukan.

4. Memasak
Aktivitas memasak tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan makanan yang lezat, tetapi juga dapat menjadi hobi yang membantu menghilangkan stres. Saat kita memasak dengan penuh kegembiraan dan kreativitas, kita dapat melupakan sejenak tekanan sehari-hari dan menikmati momen kreasi yang menyenangkan. 

Selain itu, memasak juga dapat menjadi cara yang baik untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

5. Olahraga
Olahraga adalah hobi yang efektif dalam menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berbagai jenis olahraga, seperti jogging, yoga, atau menari, dapat membantu mengalirkan energi dan meningkatkan mood. 

Penting untuk memilih olahraga yang kita nikmati dan melakukannya dengan penuh kesadaran, tanpa memaksakan diri.

6. Merajut
Merajut adalah kegiatan yang dapat membantu menghilangkan stres dan memberikan rasa ketenangan. Gerakan berulang saat merajut dapat memberikan efek yang serupa dengan meditasi, membuat pikiran menjadi tenang dan fokus. Selain itu, hasil rajutan yang indah juga dapat memberikan kepuasan dan kebanggaan pada diri sendiri.

7. Membaca
Membaca adalah hobi yang membantu menghilangkan stres dan membawa kita ke dunia yang berbeda. Ketika kita membaca, pikiran kita akan teralihkan dari masalah sehari-hari dan terbawa ke dalam cerita yang menarik. Buku juga dapat menjadi teman yang setia dan menginspirasi kita dalam menjalani kehidupan.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022