Pesona Pantai Elok di Balik Bukit yang Berombak Tenang

blog_10

GAYA HIDUP

Sep 13 2024, 05.18

Pantai Tampora adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang merupakan wana wisata rintisan. Meski belum begitu dikenal luas, pantai yang terletak di Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki Situbondo, Jawa Timur ini memiliki pesona alami yang tak kalah dengan pantai-pantai yang sudah terkenal lebih dulu, sehingga pantai ini mendapat julukan sebagai pantai elok di balik bukit yang berombak tenang.

Julukan itu muncul karena letak Pantai Tampora yang sedikit tersembunyi, yakni di balik bukit berbatu yang dikelilingi oleh hutan lindung.

Meski tampak tersembunyi, pantai yang dikelola oleh Perhutani Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki akses masuk yang terbilang mudah, yaitu karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya, sehingga menempatkannya pada posisi yang strategis untuk dijangkau oleh pengunjung. Dengan membayar tiket  Rp12.000 saja per orang, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas beragam yang bisa digunakan di dalam area pantai. 

Di antara fasilitas itu adalah pendopo yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, kemudian tersedia musola dengan jendela kaca yang menghadap langsung ke laut, sehingga pengunjung bisa melaksanakan ibadah dengan tenang, dan disertai suasana sejuk dari angin pantai yang berhembus masuk ke dalam musola.

Selain itu, tersedia juga toko-toko kecil yang menjual makanan dan minuman ringan, serta warung tepi pantai yang menyediakan aneka menu laut seperti ikan bakar.

Bagi pengunjung yang tertarik berwisata ke Pantai Tampora, disarankan untuk datang di pagi hari, selain memiliki lebih banyak waktu untuk bermain air laut, juga karena pengelola memberlakukan jam operasional pantai ini mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Namun, bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati ketenangan di pantai ini, pengelola menyediakan tempat untuk camping lengkap dengan persewaan tenda, matras untuk tidur, lampu tenda, serta kursi lipat.

Di sisi lain, berbicara tentang keindahan alami Pantai Tampora, pesona memukau dari destinasi wisata berjuluk pantai elok di balik bukit ini berasal dari pasirnya yang putih dan lembut, air lautnya yang berwarna biru jernih, serta area sekitarnya yang dikelilingi oleh pepohonan bakau, mimbau, trembesi, serta mengkudu hutan.

Disediakan pula gazebo bagi pengunjung yang sekedar ingin duduk-duduk santai sambil merasakan nyamannya angin sepoi-sepoi, dan mendengarkan suara ombak yang lirih menuju pantai dengan tenangnya.

Ombak di Pantai Tampora ini terbilang tidak besar, sehingga aman bagi keluarga yang membawa anak kecil untuk bermain air laut, namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022