Studi: Tiga Profesi Ini Berisiko Tinggi Terkena Kanker Ovarium

blog_10

GAYA HIDUP

Jul 12 2023, 10.47

Sebuah penelitian dari Universite de Montreal, Kanada yang diterbitkan dalam BMJ Journal Occupational & Environmental Medicine mengungkapkan, penata rambut, ahli kecantikan, dan akuntan berisiko tinggi terkena kanker ovarium karena faktor lingkungan yang terkait dengan tempat kerja mereka.

Paparan jangka panjang yang tinggi terhadap zat-zat seperti bedak, debu rambut, amonia, hidrogen peroksida, pewarna dan pigmen organik, serta pemutih dikaitkan dengan peningkatan risiko lebih dari 40 persen, zat-zat yang biasa ditemukan di tempat kerja penata rambut, ahli kecantikan, tukang cukur, dan pekerja terkait.

Secara khusus, bekerja selama 10 tahun atau lebih dalam peran-peran ini dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker ovarium hingga tiga kali lipat.

Bekerja sebagai akuntan pada periode yang sama dikaitkan dengan peningkatan risiko dua kali lipat, sementara bekerja di bidang konstruksi hampir tiga kali lipat. Pekerjaan jangka panjang di industri pakaian, termasuk bordir, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ini sebesar 85 persen, dan di bidang penjualan dan ritel masing-masing sebesar 45 dan 59 persen.

Hal berbahaya lainnya yang terkait dengan lebih dari 40 persen peningkatan risiko kanker ovarium akibat paparan jangka panjang (8 tahun atau lebih) termasuk serat sintetis dan/atau poliester, selulosa, formaldehida, gas propelan, dan bahan kimia yang terbentuk secara alamiah di dalam bensin.

Para peneliti juga menemukan bahwa lebih banyak perempuan yang menderita kanker ovarium memiliki tingkat pendidikan yang lebih rendah, penggunaan kontrasepsi oral yang lebih pendek, dan memiliki lebih sedikit atau tidak memiliki anak dibandingkan dengan perempuan yang tidak menderita kanker, yang kesemuanya merupakan faktor risiko potensial untuk penyakit ini.

Para peneliti mengungkapkan, meskipun tidak jelas apakah hubungan ini didorong oleh satu agen tunggal, kombinasi, atau faktor tempat kerja lainnya, namun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pekerjaan tertentu dan paparan pekerjaan tertentu dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ovarium.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap hampir 1.400 perempuan Kanada. Para partisipan perempuan termasuk mereka yang berasal dari penelitian PRevention of OVArian Cancer in Quebec (PROVAQ), semuanya berusia 18-79 tahun dan telah direkrut dari tujuh rumah sakit di Montreal antara 2010 hingga 2016 setelah didiagnosis menderita kanker ovarium epitel.

Secara keseluruhan, para peneliti mengatakan, 491 perempuan yang mengidap kanker dicocokkan berdasarkan usia dan daerah pemilihan dengan 897 perempuan yang tidak mengidap kanker.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ukur Dampak Ekonomi terhadap Bali, Maybank Marathon Gandeng Katadata Insight Center

LAINNYA

Aug 24 2024, 19.22

Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Copyright Katadata 2022