Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Minum Air Putih

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 04 2024, 12.02

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan meminum air putih. Ahli diet Amy Goodson mengungkapkan, air merupakan salah satu senjata untuk berperang melawan perut buncit.

"Minum air putih dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi rasa kenyang, tapi itu bukan penyebab langsung penurunan berat badan," kata Goodson dilansir dari laman New York Post.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Wageningen University di Belanda mengungkapkan, minum air dapat membantu mengurangi rasa kenyang. 

Berdasarkan penelitian tersebut, para responden yang meminum milkshake dan diikuti dengan minum banyak air akan merasa kenyang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum sedikit air.

Menurut penelitian tersebut, minum air putih sebelum atau sesudah makan dapat membuat Anda kenyang, yang bisa mengarah pada kebiasaan makan dalam porsi yang lebih kecil.

“Air putih juga berguna karena dapat mengalihkan perhatian kita dari minuman lain yang kurang sehat seperti soda dan minuman berenergi. Lalu, ada gym - ambil botol air minum favorit Anda dan tetaplah terhidrasi untuk berolahraga dengan lebih baik,” ungkap Goodson.

Yang menjadi pertanyaan adalah berapa banyak air per hari yang harus diminum? Itu semua tergantung Anda.

"Meskipun ada aturan kuno bahwa Anda harus minum delapan gelas air ukuran 250 ml, kenyataannya banyak faktor yang memengaruhi berapa banyak air yang Anda butuhkan, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan," kata Goodson.

"Untuk perempuan, jumlah total air yang dibutuhkan adalah sekitar 11,5 gelas per hari, dan untuk pria, sekitar 15,5 gelas. Namun, perkiraan ini termasuk cairan yang dikonsumsi dari makanan dan minuman, termasuk air. Anda biasanya mendapatkan sekitar 20% air yang Anda butuhkan dari makanan yang Anda makan (buah, sayuran, sup, dll.). Dengan mempertimbangkan hal tersebut, wanita membutuhkan sekitar sembilan gelas cairan per hari dan pria sekitar 13 gelas untuk membantu mengisi kembali jumlah air yang hilang,” pungkas Goodson.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Cara Mudah Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual

GAYA HIDUP

Jan 23 2024, 07.42

Minum air putih merupakan salah satu cara untuk menghilangkan sakit kepala dan mual.


Generic placeholder image

Lakukan Hal Ini Selama Tujuh Hari agar Usus Sehat

GAYA HIDUP

Jan 10 2024, 12.11

Menjaga keseimbangan di dalam usus dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan probiotik.


Copyright Katadata 2022