Makanan Berkarbohidrat yang Dapat Difermentasi Bisa Merusak Gigi

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 24 2024, 20.32

Para pencandu karbohidrat berhati-hatilah, makanan favorit Anda bisa membahayakan gigi. Ini karena karbohidrat yang dapat difermentasi yang lengket dan siap saji  seperti roti putih, pasta, keripik, sereal, dan biskuit bisa merusak gigi Anda.

"Alasan mengapa karbohidrat yang dapat difermentasi sangat buruk bagi gigi adalah karena mereka secara khusus terurai menjadi gula saat masih dikunyah di dalam mulut Anda," ujar Whitney DiFoggio, seorang ahli kesehatan gigi dilansir dari New York Post.

Karbohidrat spesifik tersebut membuat mulut menjadi lebih asam karena air liur bekerja lembur untuk menghilangkan makanan bergetah dari gigi Anda yang meningkatkan kemungkinan kerusakan gigi.

Di sisi lain, cokelat hitam ternyata sangat baik untuk gigi karena dapat dengan mudah dibilas. Begitu juga dengan makanan yang membutuhkan gigitan dan kunyahan yang lebih berat seperti sayuran renyah seperti wortel dan seledri. Sementara biji-bijian secara umum lebih baik untuk kesehatan gigi Anda.

Sama seperti makanan tertentu yang dapat membuat atau merusak kulit atau kesehatan jantung Anda, misalnya, hal yang sama juga berlaku untuk putihnya gigi Anda.

“Kita mungkin tahu semua makanan sehat sama halnya dengan gigi, sama halnya dengan tubuh Anda secara keseluruhan," kata DiFoggio.

Meski begitu, jika Anda ingin makan permen yang lengket atau sekantong keripik, dia merekomendasikan untuk memakan semua camilan sekaligus. Menurut dia, ngemil sepanjang hari adalah hal terburuk bagi gigi karena mulut terus menerus menjadi asam.

"Jika Anda ingin makan makanan-makanan ini, tidak apa-apa. Cobalah untuk memakannya sekaligus, karena setelah itu, air liur Anda memiliki waktu untuk menetralkan pH asam dalam mulut Anda dari semua gula," jelas DiFoggio.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kapan Waktu yang Tepat untuk Gosok Gigi saat Berpuasa?

GAYA HIDUP

Apr 06 2024, 13.13

Waktu terbaik untuk gosok gigi saat puasa justru bukan saat tengah berpuasa.


Copyright Katadata 2022