2.000 Orang Jadi Korban Penipuan Tiket Konser, Kerugian Rp12 Miliar

blog_10

LAINNYA

Jun 05 2024, 07.42

Sejak Januari hingga Mei 2024, sekitar 2.000 orang menjadi korban penipuan tiket konser di Singapura. Total kerugian mencapai 1 juta dolar Singapura atau sekitar Rp12 miliar. 

Sebagian besar kasus ini melibatkan tiket konser Eras Tour Taylor Swift. Laporan tersebut termasuk laporan yang diajukan oleh para korban yang ditipu saat mencoba mendapatkan tiket untuk menonton Bruno Mars, Ed Sheeran dan Coldplay.

Kepolisian Singapura telah bekerja sama dengan media sosial dan platform e-commerce untuk menghapus iklan penipuan tiket konser dan akun-akun yang terlibat dalam penipuan tersebut setelah terdeteksi.

Hal ini termasuk pasar online Carousell yang menangguhkan penjualan tiket konser Swift di platformnya antara 23 Februari dan 9 Maret untuk mencegah pengguna dari penipuan.

Kepala staf Carousell, Tan Su Lin, mengatakan karena terburu-buru untuk mendapatkan tiket, pengguna tidak memperhatikan tanda-tanda peringatan, seperti peringkat penjual yang menunjukkan apakah pembeli lain menganggap mereka dapat diandalkan.

Mengenai penipuan tiket konser Swift, Asisten Komisaris Polisi Aileen Yap mengatakan, laporan yang diterima termasuk dari para korban yang telah membeli tiket dari pengecer. 

“Mereka kemudian mengetahui bahwa tiket mereka palsu ketika mereka tidak dapat memasuki National Stadium, tempat konser diadakan,” kata Yap dilansir dari laman AsiaOne.

Ia mengatakan, masalah penipuan tiket konser dapat meningkat menjadi masalah ketertiban umum, terutama ketika para penggemar yang terbang ke Singapura untuk menonton konser tidak dapat masuk ke dalam tempat pertunjukan karena tiket yang tidak valid.

Antara 1 Januari dan 12 Maret, setidaknya 1.551 korban telah menjadi mangsa penipuan e-commerce yang melibatkan tiket konser, dengan total kerugian mencapai setidaknya 737 ribu dolar Singapura. Angka ini telah meningkat menjadi lebih dari 1 juta dolar Singapura pada bulan lalu, karena semakin banyak musisi yang mengumumkan pertunjukan mereka di Singapura.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Bernostalgia di Konser The Greatest Melly Goeslaw Everlasting Harmony

LAINNYA

Sep 25 2024, 06.35

Konser ini akan menghadirkan pertunjukan musik yang epik, disertai dengan visual dan kejutan-kejutan yang telah dipersiapkan khusus untuk konser tersebut.


Generic placeholder image

Sheila On 7 Siap Sambut Sheilagank Medan: Tiket Konser 'Tunggu Aku Di' Tersedia Lagi

LAINNYA

Sep 06 2024, 16.29

Penjualan tiket tambahan akan dibuka mulai Senin, 9 September 2024, pukul 14:00 WIB di situs resmi tungguakudi.com.


Generic placeholder image

Joji Buka Panggung We The Fest dengan Lagu Sanctuary

LAINNYA

Jul 22 2024, 06.33

Kemeriahan We The Fest juga tidak hanya berasal dari musisi internasional, tapi juga berasal dari tanah air.


Generic placeholder image

Survei: Menonton Konser Membuat Suasana Hati Lebih Baik

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 07.23

Beberapa peneliti percaya bahwa musik dapat menyatukan manusia.


Generic placeholder image

Taylor Swift Dijadikan Nama Kota di Jerman

LAINNYA

Jul 04 2024, 06.37

Taylor Swift akan menggelar konser selama tiga hari di salah satu kota di Jerman.


Copyright Katadata 2022