13 Tahun Beruntun, MIT Dinobatkan sebagai Universitas Terbaik di Dunia

blog_10

LAINNYA

Jun 28 2024, 20.12

Massachusetts Institute of Technology (MIT) kembali dinobatkan sebagai universitas terbaik di dunia dalam edisi ke-21 QS World University Rankings. Kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat itu telah menempati posisi pertama selama 13 tahun berturut-turut.

Dua universitas berikutnya berada di Inggris yaitu Imperial College London, yang naik dari posisi ke-6 untuk menempati posisi kedua, dan University of Oxford di posisi ketiga.

Universitas Harvard kembali menduduki peringkat keempat tahun ini dengan nilai 96,8, diikuti oleh Universitas Cambridge, yang melengkapi peringkat 5 besar dengan nilai 96,7. Penilaian tahunan tahun ini adalah yang terbesar yang pernah ada, mencakup lebih dari 1.500 universitas.

Dilansir dari laman Euronews, penilaian ini didasarkan pada analisis jutaan makalah akademis dan pendapat para ahli. Metrik yang digunakan untuk pemeringkatan ini meliputi reputasi akademik dan pemberi kerja, rasio fakultas-mahasiswa, kutipan per fakultas, rasio fakultas internasional, rasio mahasiswa internasional, jaringan penelitian internasional, hasil kerja, dan keberlanjutan.

Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak diwakili tahun ini di mana 197 universitas Negara Paman Sam itu masuk daftar. Universitas di  Eropa, sebagian besar di Inggris, mengklaim setengah dari 10 posisi teratas. Inggris memiliki jumlah universitas terbanyak kedua dalam pemeringkatan ini, dengan empat universitas di antaranya masuk dalam 10 besar.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022