Wina Kembali Dinobatkan sebagai Kota Paling Layak Huni di Dunia

blog_10

LAINNYA

Jun 30 2024, 21.15

Selama tiga tahun berturut-turut, Wina, ibu kota Austria, merupakan kota yang paling layak huni di dunia. Berdasarkan laporan Economist Intelligence Unit, Wina memimpin daftar tahun ini diikuti oleh kota-kota di Eropa Barat: Kopenhagen, Denmark, di posisi kedua dan Zurich, Swiss, di posisi ketiga.

Laporan tahunan ini, yang bertujuan untuk menunjukkan seberapa nyaman atau layak huni sebuah kota, meneliti 173 kota di seluruh dunia berdasarkan 30 indikator yang dibagi ke dalam lima kategori: stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Skor keseluruhan Wina mengalami penurunan kecil dalam kategori budaya dan lingkungan, karena kurangnya acara olahraga besar. 

"Indeks Kelayakan Huni EIU telah meningkat secara fraksional selama setahun terakhir. Penurunan stabilitas dan infrastruktur di sejumlah kota di negara maju diimbangi oleh perbaikan struktural dalam perawatan kesehatan dan pendidikan di beberapa kota di pasar negara berkembang,” kata laporan tersebut dikutip dari laman Euronews.

Empat kota di Asia Pasifik masuk ke dalam 10 besar tahun ini: Kota Melbourne dan Sydney di Australia, serta Osaka, Jepang, dan Auckland, Selandia Baru.

Eropa Barat adalah wilayah dengan kinerja terbaik untuk kelayakan huni secara global, dengan skor keseluruhan 92 dari 100. Namun, peringkat ini turun sejak tahun lalu karena adanya peningkatan protes dan kejahatan, yang membebani kategori stabilitas.

Amerika Utara adalah wilayah terbaik kedua, dengan skor rata-rata 90,5 dari 100, dan peringkat tertinggi untuk pendidikan. Krisis perumahan yang sedang berlangsung di Kanada telah menyeret turun skor infrastruktur di kawasan ini.

Berikut adalah 10 kota yang paling layak huni di dunia:

1.     Wina, Austria
2.     Kopenhagen, Denmark
3.     Zurich, Swiss
4.     Melbourne, Australia
5.     Calgary, Kanada
6.     Jenewa, Swiss
7.     Sydney, Australia
8.     Vancouver, Kanada
9.     Osaka, Jepang
10.   Auckland, Selandia Baru 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022