Sekjen PASI: Perlu Komitmen Besar dari Maybank Marathon Meraih Status Elit Label

blog_10

LAINNYA

Aug 23 2024, 22.14

Maybank Marathon 2024 akan digelar pada 25 Agustus nanti di Gianyar, Bali. Ini merupakan kali ke-13 Maybak Indonesia menggelar lomba lari Maybank Marathon.

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tigor Tanjung mengatakan, Maybank Marathon menjadi lomba lari tertua di Indonesia dan satu-satunya yang menyandang gelar elit label road race.

“Untuk bisa menyandang status elit label itu ada sejumlah persyaratan dari badan internasional olahraga atletik yang berkedudukan di Monaco dan itu tidak mudah. Memiliki status elit label itu merupakan hal yang luar biasa. Tanpa komitmen yang besar, tidak mungkin Maybank Marathon bisa meraih status tersebut,” kata Tigor dalam acara Welcoming Dinner Media Maybank Marathon 2024 di Hotel Bali Beach, Jumat (23/8/2024) malam.

Elite label road race merupakan predikat yang diberikan oleh World Athletics atau dahulu bernama International Association of Athletics Federations (IAAF). Mereka adalah badan atletik yang mengatur, mengawasi, dan mensertifikasi penyelenggaraan perlombaan lari marathon di seluruh dunia.

Tigor mengatakan, Maybank Marathon juga selalu menghadirkan pelari internasional. Kehadiran para pelari internasional  ini, kata Tigor, diharapkan bisa memacu prestasi atlet nasional khususnya di nomor marathon.

“Seingat saya, Maybank Marathon sudah tiga kali dijadikan ajang kualifikasi bagi atlet yang akan tampil di PON. Jadi mereka yang ingin tampil di PON harus memenuhi batas waktu tertentu di Maybank Marathon. Karena itu, PB PASI memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Maybank Indonesia sebagai penyelenggaran Maybank Marathon,” ujar Tigor.

Project Director Maybank Marathon Widya Permana mengungkapkan, ada perbeedaan Maybank Marathon tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Maybank Marathon tidak lagi digelar di Bali Safari Park melainkan di Gianyar yang merupakan base camp dari klub sepak bola Bali United.

“Untuk lima tahun ke depan, rute Maybank Marathon dipindah ke Gianyar. Karena itu, perlu sertifikasi lagi dari Badan Atletik Dunia. Pemindahan ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan para pelari,” jelas Widya.

Tahun ini, Maybank Marathon diikuti oleh lebih dari 12.700 peserta dengan peningkatan peserta pada kategori Marathon sebesar 17% menjadi 3.400 orang. Ini merupakan jumlah peserta kategori Marathon terbesar di antara ajang lomba lainnya di Indonesia.

Widya menambahkan, Maybank Marathon 2024 menyiapkan total hadiah Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang. Khusus untuk pemecah rekor, Maybank Indonesia juga akan memberikan bonus tambahan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Survei KIC: Dampak Perekonomian Maybank Marathon terhadap Perekonomian Bali Mencapai Rp164 Miliar

EKONOMI & BISNIS

Sep 12 2024, 20.31

Hasil survei juga mengungkapkan 8 dari 10 peserta Maybank Marathon ingin kembali lagi ke Bali.


Generic placeholder image

Kisah Para Pelari Katadata Berlari Ikut Maybank Marathon 2024

LAINNYA

Aug 25 2024, 15.31

Tahun ini jumlah pelari yang ikut nomor marathon di Maybank Marathon 2024 menjadi yang terbanyak dibandingkan event marathon lari lainnya di Indonesia.


Generic placeholder image

Pelari Kenya Kuasai Nomor Marathon di Maybank Marathon 2024

LAINNYA

Aug 25 2024, 14.51

Dua catatan waktu tersebut belum bisa memecahkan rekor marathon putra dan putri yang berhasil dipecahkan pada tahun lalu.


Generic placeholder image

Ukur Dampak Ekonomi terhadap Bali, Maybank Marathon Gandeng Katadata Insight Center

LAINNYA

Aug 24 2024, 19.22

Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


Generic placeholder image

Panitia: Ada 30.000 Orang yang Ingin Ikut Lari Maybank Marathon 2024

LAINNYA

Aug 24 2024, 09.39

Tahun ini jumlah pelari yang ikut nomor marathon menjadi yang terbanyak dibandingkan event marathon lari lainnya di Indonesia.


Copyright Katadata 2022